ABC

Akibat Badai, Australia Selatan Alami Pemadaman Listrik Total

Perusahaan listrik ‘SA Power Networks’ mengatakan, semua wilayah di Australia Selatan tanpa listrik karena badai melumpuhkan negara bagian ini.

Paul Roberts dari ‘SA Power Networks’ mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki masalah ini.

"Kami jelas masih berusaha mencari ... tahu [apa yang terjadi] tapi apa yang terjadi adalah seluruh negara bagian mengalami pemadaman listrik," jelasnya.

Ia menambahkan, "Itu karena beberapa masalah hulu dengan jaringan transmisi, kami tak menerima pasokan apapun melalui jaringan transmisi,” tambahnya.

"Kami percaya -dan ini hanyalah informasi awal -bahwa mungkin ada beberapa masalah dengan interconnector (pipa gas penghubng) tetapi saya pikir, sistem listrik negara bagian mati mungkin sebagai perlindungan,” terangnya.

Pemadaman Listrik di Adelaide
Langit gelap menyelimuti Adelaide di saat Australia Selatan mengalami pemadaman listrik.

ABC; Sara Garcia

Ia menyambung, "Ini berarti kami tak menerima pasokan listrik dari generator untuk bisa memasok ke generator."

Menteri Utama Australia Selatan, Jay Weatherill, mengunggah status di Twitter tentang pemadaman ini dan mengatakan, hal ini mungkin "terjadi untuk waktu yang lebih lama".

Kepolisian Australia Selatan mengatakan, setelah pukul 4:00 sore, sebagian besar persimpangan di Adelaide tanpa lampu lalu lintas, dan mendesak para pengemudi untuk mengemudi hati-hati menjelang jam sibuk.

Perusahaan kereta ‘Adelaide Metro’ mengatakan, kereta yang melalui jalur Seaford dan Tonsley serta jalur tram Glenelg, saat ini, tak beroperasi, karena pemadaman listrik.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Cuaca Buruk di Australia Selatan

Badai dan angin kencang telah melanda Australia Selatan sepanjang hari dengan Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan badai parah untuk menandai hembusan angin dan hujan deras.

Peringatan itu mengatakan, angin berkecepatan 140 km/jam bisa terjadi di Whyalla, Clare, Maitland, Hawker dan Leigh Creek, sementara angin berkecepatan 90-100 km/jam diperkirakan melanda Adelaide dan Mount Lofty Ranges.

Layanan Darurat Negara Bagian (SES) telah mengunggah status di Twitter dan meminta warga untuk tinggal di rumah.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 18:20 WIB 28/09/2016 oleh Nurina Savitri.