ABC

Agen Migrasi Palsu Ditahan di Bandara Sydney

Seorang perempuan berusia 30 tahun asal Australia keturunan Asia telah ditahan di Bandara Sydney minggu lalu dalam penyelidikan yang dilakukan bersama oleh Polisi Federal Australia (AFP) dan Australian Border Force (ABF).

Perempuan tersebut adalah orang kedua yang ditahan sebagai bagian dair penyelidikan mengenai adanya sindikat kejahatan yang canggih berkenaan dengan migrasi, yang dimulai tahun lalu.

Tanggal 20 Desember 2018, para penyidik AFP dan ABF yang melakukan penggerebekan di sebuah kantor di Auburn (Sydney) menemukan belasan kartu Medicard yang didapat dengan cara yang tidak benar, dan juga kartu kredit.

Kartu Medicard di Australia adalah kartu layanan kesehatan dimana penggunannya bisa mengunjungi dokter atau rumah sakit tanpa harus membayar.

Kartu ini bisa juga digunakan sebagai kartu identitas.

Tanggal 21 Desember 2018, seorang warga China berusia 32 tahun ditahan dan dikenai 10 tuduhan oleh AFP berkenaan dengan UU Migrasi tahun 1958.

Menurut polisi, wanita yang ditahan di Bandara Sydney minggu lalu adalah seorang agen migrasi palsu, yang telah membantu sejumlah orang untuk mendapatkan visa dengan cara tidak sah untuk bisa masuk ke Australia.

"Hanya agen migrasi resmi yang terdaftar yang bisa memberikan nasehat mengenai UU Migrasi. Adalah tindak kejahatan serius memberikan bantuan kepada seseorang, bila anda bukan agen migrasi terdaftar." lata Garry Low dari ABF Sydney.

Ikuti berita-berita ABC Indonesia lainnya di sini