ABC

Agen Jual Rumah di Melbourne Kena Denda Besar

Sebuah agen real estate di Melbourne Timur telah dikenai denda besar senilai $ 880 ribu (sekitar Rp 8,8 miliar) karena memberikan informasi harga rumah yang terlalu rendah.

Pengadilan Federal Australia menyatakan Fletcher and Parker, yang berkantor di Balwyn bersalah melanggar undang-undang konsumen.

Perusahaan itu dinyatakan bersalah melakukan apa yang dikenal sebagai underquoting yaitu memberikan informasi mengenai harga rumah yang akan dijual, yang terlalu rendah untuk menarik banyak peminat, sementara ketika dijual harganya jauh melebihi perkiraan.

Menurut pengadilan, agen real estate tersebut melakukan praktek underquoting terhadap 22 properti dan mereka mengetahui persis bahwa rumah-rumah itu akan terjual lebih tinggi dari harga yang diiklankan, dan praktek tersebut sudah berjalan selama beberapa bulan di tahun 2015.

Denda besar yang dijatuhkan ini merupakan rekor untuk denda bagi tindakan underquoting di pasar real estate Melbourne, dan terjadi hanya 10 hari setelah sebuah perusahaan lain Hocking Stewart di Doncaster juga dikenai denda $ 160 ribu untuk tindakan serupa.

Badan Konsumen Victoria mengatakan bahwa pengadilan sudah menjatuhkan denda lebih dari $ 1 juta (lebih dari Rp 10 miliar) dalam dua minggu terakhir.

Tindakan yang dilakukan Fletcher and Parker dipergoki setelah tim gugus kerja dari Badan Konsumen Victoria menyelidiki penjualan sebenarnya dari perusahaan tersebut dengan iklan yang disebarkan.

Menteri Urusan Konsumen negara bagian Victoria Marlene Kairouz mengatakan departemennya akan terus melanjutkan kerja guna mematikan perilaku underquoting tersebut.

"Underquoting adalah tindakan tidak jujur, melanggar hukum dan menyesatkan dan denda yang dijatuihkan hari ini menunjukkan bila anda melakukanya, anda harus menanggung akibatnya." katanya.

Dia mengatakan praktek seperti itu sengaja mencari korban para pembeli rumah, dan denda yang semakin tinggi mengirimkan pesan yang jelas.

"Denda yang ada akan memberikan keyakinan kepada pembeli rumah bahwa praktek seperti ini akan diberantas." tambahnya.

Agen yang terletak di kawasan Melbourne Timur ini juga harus menerapkan program untuk melatih para agen mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan mengangkat seorang petugas untuk memantau bahwa program tersebut dijalankan.

Sebagai bagian dari hukuman, perusahaan tersebut juga harus mengakui pelanggaran yang dibuat dengan memuat iklan di surat kabar lokal, situs properti dan di kantor mereka selama enam bulan.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini