ABC

Adelaide Terpilih Jadi Markas Badan Antariksa Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan penunjukan resmi Adelaide, ibukota negara bagian Australia Selatan sebagai rumah bagi Badan Antariksa Australia.

Australia Selatan mengalahkan persaingan yang kuat diantara negara bagian di Australia lainnya untuk menjadi markas dari lembaga antariksa baru Australia itu, setelah meminta astronot NASA yang berasal dari luar negeri, Andy Thomas, untuk membantu kampanyenya.

Agensi tersebut akan berbasis di Lot Fourteen, bekas situs Royal Adelaide Hospital, yang sedang diubah menjadi daerah inovasi.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan Australia Selatan adalah rumah yang ideal untuk lembaga baru itu dan sudah menjadi pusat utama untuk industri ruang angkasa dan teknologi.

"Industri luar angkasa Australia siap untuk meraih pencapaian baru," kata PM Scott Morrison.

"Agensi ini akan membuka pintu bagi bisnis lokal dan akses bagi Australia ke industri ruang angkasa global senilai $AS345 miliar.

"Pemerintah Australia akan mengalokasikan investasi senilai $ 41 juta pada lembaga antariksa ini yang akan bertindak sebagai landasan untuk meningkatkan industri ruang angkasa Australia tiga kali lipat hingga $ 12 miliar dan menciptakan lebih dari 20.000 pekerjaan pada 2030."

Perdana Menteri Australia mengatakan bahwa agensi tersebut adalah bagian dari rencana Pemerintah Australia untuk menghasilkan ekonomi yang lebih kuat di Australia Selatan dengan pekerjaan jangka panjang, upah tinggi, dan keterampilan tinggi.

Menteri Utama Australia Selatan, Steven Marshall mengatakan badan antariksa Australia ini akan membantu meningkatkan kehidupan di kota dan akan membawa sektor pertahanan negara bagian itu ke tingkat berikutnya.

"Australia Selatan adalah lokasi yang ideal untuk Australian Space Agency dengan berbagai bisnis industri ruang lokal yang telah didirikan di sini serta sektor industri pertahanan yang berkembang pesat," katanya.

"Saya sangat menantikan peluang untuk bekerja dengan Pemerintah Federal, industri, dan sektor pendidikan kami untuk memanfaatkan peluang luar biasa ini bagi negara bagian kami."

Sejumlah start-up ruang angkasa telah berbasis di Adelaide, termasuk Fleet Space Technologies, yang berencana meluncurkan 100 satelit.

Perusahaan Nano-satelit Myriota juga telah mengumpulkan hampir $ 20 juta dalam pendanaan untuk pekerjaannya.

Tingkatkan kesempatan kerja di Australia Selatan

Andy Thomas
Mantan astronot NASA Andy Thomas ikut mengkampanyekan kesiapan Australia Selatan dalam industri antariksa Australia Selatan.

Reuters:Joe Skipper

Menteri Industri, Sains dan Teknologi Federal, Karen Andrews mengatakan Adelaide terpilih karena mengedepankan proposal terkuat.

Dia juga mengatakan negara bagian ini telah memainkan peran besar dalam pengembangan sektor ruang angkasa Australia.

"Sektor luar angkasa Australia sebenarnya memulai perjalanannya di sini di Australia Selatan," katanya kepada ABC.

"Satelit Australia pertama diluncurkan ke luar angkasa dari Woomera lebih dari setengah abad yang lalu, jadi Australia Selatan telah menunjukkan sejarah yang sangat panjang di sektor luar angkasa.

"Memiliki badan antariksa yang berkantor pusat di Adelaide menjadikan Australia Selatan pasti akan memiliki peluang besar untuk menjadi kontributor utama."

Dia mengharapkan Australia Selatan akan mendapat manfaat dari "booming pekerjaan".

Negara bagian ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 60 organisasi yang mempekerjakan sekitar 800 orang di sektor ruang angkasa.

"Kami bertekad untuk menumbuhkan penyerapan tenaga kerja secara nasional dan Australia Selatan, dan pendirian lembaga antariksa nasional Australia di Adelaide ini pasti akan mendatangkan segala kesempatan untuk menumbuhkan lebih banyak pekerjaan bagi generasi muda kami [dan] orang-orang yang berpotensi bertransisi dari industri lain," katanya.

"Khususnya dengan agensi yang bermarkas di sini di Australia Selatan, kami berada pada target untuk melipatgandakan sektor ini dalam 12 tahun ke depan."

Dia juga berharap kabar gembira ini akan mendorong kaum muda untuk mengejar pekerjaan di sektor ini di masa depan.

"Tidak ada yang menginspirasi orang banyak seperti antariksa," katanya.

"Kami ingin mendorong generasi muda kami untuk belajar sains dan matematika di sekolah, kami ingin dapat menunjukkan kepada mereka, bahwa ada pekerjaan di sektor antariksa dan Australia Selatan sekarang memimpin peluang itu."

Insinyur penerbangan Matthew Tetlow, yang berbasis di Adelaide, menyambut gembira penunjukan ini dan mengatakan agensi akan membawa sektor luar angkasa Australia ke tingkat berikutnya.

"Kami sudah mendampakan hadirnya lembaga antariksa ini selama bertahun-tahun dan akhirnya kami mendapatkannya," katanya kepada ABC.

"Australia Selatan sudah menjadi ekosistem yang sangat erat dan kolaboratif dan saya pikir ini hanya akan mempercepat itu dan membawanya ke tingkat berikutnya."

Agensi ini akan berlokasi di Lot Fourteen pada pertengahan 2019, dan akan mempekerjakan 20 orang.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.