ABC

Adelaide Resmikan Jalur Pelangi Rayakan Sejarah LGBTI

Sebuah jalur berwarna pelangi telah diresmikan di pusat kota Adelaide untuk mengakui dan merayakan sejarah LGBTI (Lesbian Gay Bisexual Transgender Intersex) di kota ini.

Jalur Pelangi di komplek ‘Light Square’ ini mencakup sebuah kronologi tertulis yang menyoroti sejumlah momen bersejarah bagi kaum minoritas seksual di Australia Selatan.

Mantan Ketua Dewan Kota Adelaide yang juga Senator Partai Hijau, Robert Simms, mengatakan, instalasi jalur pelangi itu akan mengirim pesan positif tentang komunitas gay dan lesbian,

"Kami memiliki cerita yang sangat membanggakan untuk diceritakan di sini di Australia Selatan -kami adalah negara bagian pertama di Australia yang melegalkan homoseksualitas," ujarnya.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Jalur Pelangi di Adelaide

Ia menerangkan, "Alasan mengapa saya mengajukan proyek ini ketika saya masih di dewan kota adalah agar kami bisa mengakui tradisi itu dan benar-benar merayakan sejarah yang membanggakan tersebut."

Robert mengatakan, terlepas dari kemajuan yang diraih Australia Selatan, masih ada celah di jalur pelangi itu yang bisa diisi dengan lebih banyak pencapaian.

"Ini adalah pengingat tentang seberapa jauh kami berjuang untuk reformasi hukum bagi LGBTI Australia, tetapi juga pengingat bahwa jalur pelangi ini belum berakhir dan kami masih punya pekerjaan yang harus dilakukan," jelasnya.

Walikota Adelaide, Martin Haese, mengatakan, wilayah ‘West End’ (ujung barat) kota ini adalah rumah yang sempurna bagi Jalur Pelangi.

"Ini terlihat sangat pas, kelihatannya seperti benar-benar cocok di Light Square ... Saya pikir ini benar-benar menggembirakan," akunya.

Jalur itu berada di bagian barat laut Light Square, dekat dengan kampus ‘Adelaide College of the Arts’.

Peresmian Jalur Pelangi, yang menampilkan artis Dannii Minogue, juga menandai dimulainya Festival Pesta tahunan kota tersebut.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 17:45 WIB 21/10/2016 oleh Nurina Savitri.