ABC

Acara Australia Day di Adelaide Dibatalkan Karena Cuaca

Beberapa acara guna memperingati Hari Australia hari Jumat (26/1/2018) di kota Adelaide (Australia Selatan) dibatalkan karena ramalan cuaca yang akan panas, seminggu setelah lomba balap sepeda Tour Down Under juga dirubah rutenya karena hal serupa.

Hari Jumat suhu udara diperkirakan adalah 38 derajat Celcius, hal yang membuat beberapa kota praja di Adelaide menjadwalkan kembali acara untuk keluarga dan anak-anak.

Sementara itu, beberapa perkebunan anggur telah membatalkan sekitar 30 persen dari 50 acara sebagai bagian dari Festival Anggur Adelaide Hills Crush.

Acara masih akan diselenggarakan sampai aikhir pekan, namun suhu udara di kawasan Australia Selatan bahkan akan lebih panas lagi di hari Sabtu dan Minggu diperkirakan mencapai 42 derajat Celcius.

Kevin Knight, Walikota kotapraja Tea Tree Gully mengatakan kepada ABC Radio Adelaide, peringatan Australia Day akan tetap dilakukan hari Jumat, namun acara anak-anak dimajukan ke hari Rabu.

Kotapraja Charles Sturt membatalkan pertunjukkan film Movies Under The Stars, menonton film di alam terbuka yang akan dilakukan hari Jumat, sementara Kotapraja West Torrens membatalkan festival All Together Now.

Acara Piknik Keluarga di hari Australia yang dijadwalkan oleh Kotapraja Salisbury juga dibatalkan.

Peramal cuaca BOM Tom Boeck mengatakan cuaca panas dipastikan akan datang.

"Berita bagusnya adalah perubahan akan terjadi pada hari Minggu malam." katanya.

"Akan ada perubahan besar dalam soal turunnya suhu. Hari Senin, suhu udara maksimal hanya 24 derajat, jadi perubahan yang mengenakkan."

Warga yang ingin menghadiri berbagai acara sudah diminta mengecek terlebih dahulu apakah acaranya masih akan berlangsung.

Pertandingan kriket Inggris lawan Australia tetap berlangsung

Namun suhu panas ini tampaknya tidak mempengaruhi niat belasan ribu penonton untuk menghadiri pertandingan kriket antara tim Australia melawan tim Inggris di Adelaide Oval.

"Memang hari akan panas, namun ini olahraga musim panas, dan saya yakin penonton yang datang sudah mempersiapkan diri." kata Darren Chandler dari Kantor Pengelola Stadion.

Menurut Chandle di berbagai tempat di dalam stadion sudah dipasang kipas angin untuk membantu menyejukkan suhu, dan juga petugas kesehatan sudah disiapkan.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini