ABC

ABC Temukan Bukti Penjarahan di Lokasi Jatuhnya MH17

Gambar-gambar dari lokasi jatuhnya pesawat Malaysian Airline MH17 di Ukraina timur membuat dunia shock dan marah. Koresponden ABC Australia bahkan melihat adanya bukti penjarahan barang-barang korban di lokasi tersebut.

Koresponden ABC Phil William telah meninjau lokasi kejadian. "Di sekitar sini terdapat banyak puing dan reruntuhan, bukan hanya dalam radius ratus meter, tapi beberapa kilometer," katanya.

Ia melaporkan, "Kami melihat sejumlah puing sekitar 12 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat, jadi tugas untuk mengumpulkannya luar biasa sulit. Kami melihat melihat sejumlah orang didatangkan, katanya pekerja tambang, dan disuruh menyisir lokasi."

"Mereka menutup sebagian lokasi dan menemukan sejumlah lagi bagian-bagian tubuh di daerah yang sulit, tapi menurut standar operasi internasional, ini sangat tidak memadai," jelasnya.

Williams mengatakan, ia melihat tanda-tanda penjarahan di lokasi jatuhnya pesawat.

"Nampaknya terjadi penjarahan di sini karena setiap tas yang kami lihat sudah terbuka," katanya.

"Kelihatannya sudah dijarah, dan inilah yang sangat menyedihkan dari bencana ini," jelas William.

Ia melaporkan, segala yang berharga di dalam tas tangan atau dompet sudah diambil. Ia menambahkan, akses para jurnalis ke lokasi itu sangat dibatasi.

"Para jurnalis diijinkan meninjau lokasi. Kami harus melalui serangkaian rintangan jalan - enam atau tujuh rintangan jalan sebelum sampai ke lokasi," katanya.

William mengatakan sesekali mendengar tembakan mortir di kejauhan.