ABC

ABC Australia Punya Kepala Dewan Direksi Baru Ita Buttrose

Lembaga penyiaran Australia ABC akan memiliki Kepala Dewan Direktsi (Chairwoman) yang baru yaitu Ita Buttrose, yang akan menjadi perempuan kedua yang menduduki jabatan serupa guna mengurusi ABC.

  • Ita Buttrose akan menjadi Kepala Dewan Direksi setelah krisis di ABC setahun terakhir
  • Dia mengatakan akan mengembalikan stabilitas dan membuat ABC 'berfungsi lagi'
  • Buttrose menjadi perempuan kedua yang menjadi Kepala Dewan Direksi

Perdana Menteri Australia Scott Morrison hari Kamis (28/2/2019) secara resmi menyebutkan bahwa di akan mengusulkan nama Ita Buttrose kepada Gubernur Jenderal sebagai Kepala Dewan Direksi (Chairwoman) ABC .

ABC sudah selama lima bulan terakhir tidak memiliki Kepala (Dewan Direksi) yang tetap maupun Direktur Pelaksana menyusul pemecatan terhadap Direktur Pelaksana Michelle Guthrie dan kemudian disusul pengunduran diri Chairman Justine Milne bulan September lalu.

Dalam struktur manajemen ABC, Dewan Direksi dan Direktur Pelaksana adalah jabatan yang paling penting.

Dewan Direksi beranggotakan beberapa orang dan kepalanya biasanya diangkat berdasarkan usulan pemerintah yang berkuasa ketika itu.

Ini adalah jabatan politis, dimana Kepala Dewan Direksi bertugas mengawasi apa yang dilakukan Direktur Pelaksana, dan menjadi jembatan antara ABC dengan pemerintah.

Dalam keterangan pertamanya, Ita Buttrose mengatakan bahwa dia akan berusaha membuat ABC 'berfungsi secara normal lagi."

"Saya kira tugas paling penting saya adalah mengembalikan stabilitas dalam manajemen organisasi ini, memberi keyakinan kepada staf bahwa kehidupan akan terus berlanjut, dan juga mengyakinkan Dewan Direksi yang sudah melalui masa-masa tidak menentu, bahwa sudah waktunya bagi ABC untuk berfungsi lagi dengan manajemen yang stabil, dan pembicaraan terbuka dengan Kepala Dewan Direkti dan siapapun yang akan menjadi Direktur Pelaksana." kata Buttrose.

"Bila tidak ada hubungan yang dekat antara Kepala Dewan Direksi dengan Direktur Pelaksana, kita tidak akan bisa membuat organisasi bekerja efisien dan baik."

Nama Ita Buttrose baru muncul sebagai Calon Kepala Dewan Direksi ABC dalam beberapa hari terakhir.

PM Scott Morrison memberikan alasan mengapa pemerintah mengusulkan nama Buttrose.

"Ita, seperti kita ketahui, memiliki kekuatan, integritas dan yang memiliki sikap independen yang kuat yang sudah dikenal untuk bisa mengurusi institusi penting Australia ini." kata Morrison.

"Bukan itu saja, pengalamannya di bidang penerbitan dan penyiaran membuatnya cocok untuk jabatan ini."

Buttrose sudah punya pengalaman di media sebelumnya

Buttrose adalah salah satu pendiri majalah Cleo di tahun 1972 dan kemudian menjadi editor majalah perempuan The Australian Women's Weekly.

Dia menjadi perempuan pertama Australia yang menjadi Pemimpin Redaksi harian Australia di kota besar yaitu harian The Daily Telegraph di Sydney di tahun 1980-an.

Dalam beberapa tahun terakhir, Buttrose yang juga pernah terpilih sebagai Australian of the Year (tokoh yang dipilih setiap tahun karena jasa di bidang yang ditekuni) karena sumbangsihnya di bidang media dan juga pegiat di bidang dementia dan Alzheimer's.

Buttrose menolak pendapat bahwa dia tidak memiliki pengalaman yang cukup di bidang media digital untuk memimpin ABC ke masa depan.

"Saya tidak pernah takut dengan apa yang ditawarkan teknologi yang tersedia bagi kita di media." katanya.

"Ini cara menuju ke masa depan, semua kita tahu hal tersebut. Dan ABC adalah bagian dari hal tersebut dan sudah bekerja keras di bidang ini, dan saya tidak bermaksud menghentikan mereka."

"Kami memiliki hak untuk ke sana. Ini adalah jalan ke masa depan, dan ABC harus memiliki masa depan tersebut."

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini