ABC

9 Momen Penting Oscar bagi Australia

Australian sudah banyak terlibat dalam penghargaan Oscar, penghargaan bagi insan perfilman di Amerika Serikat yang tahun ini akan diselenggarakan hari Minggu (2/3/2014).

 

Sejarah Oscar yang sudah dimulai sejak tahun 1930-an, sudah banyak para pekerja seni Australia yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini.

Tahun 2014, Australia masuk dalam nominasi di tiga kategori, satu untuk aktris terbaik, dan dua lagi di desain kostum terbaik.

Inilah 9 momen penting Oscar bagi Australia selama ini.

1. Cate Blanchett - Bintang Australia Paling Banyak Dinominasikan
Cate Blanchett - Bintang Australia Paling Banyak Dinominasikan
Reuters
Cate sudah mendapatkan satu Oscar sebagai aktris pendukung terbaik dan di tahun 2014 ini dinominasikan untuk kategori aktris terbaik dalam perannya di film Blue Jasmine.

Cate adalah bintang Australia yang paling banyak dinominasikan sejauh ini, sebanyak enam kali.

Dia juga membuat sejarah Oscar dengan menjadi aktris pertama yang dinominasika dua kali untuk peran yang sama di film berbeda - Ratu Elizabeth 1 di film Elizabeth (1998) dan Elizabeth - The Golden Age (2007).
2. Catherine Martin dan Baz Luhrmann - Pasangan Kreatif
Catherine Martin dan Baz Luhrmann - Pasangan Kreatif
Alberto Pizzoli, AFP
Duet suami istri Baz Luhrmann dan Catherine Martin menjadi bahan pembicaraan di Oscar ke-74 (2001) karena keterlibatan mereka di film Moulin Rouge.

Film musikal romantis ini disutradarai oleh Baz dan mendapat 8 nominasi termasuk film terbaik.
Namun istrinya, Catherine Martin yang mendapat dua Oskar, untuk desain kostum terbaik dan art direction terbaik.

Tahun ini, Catherine kembali dinominasikan dalam kategori desain kostum terbaik di film The Great Gatsby. Bila menang, Catherine akan menyamai rekor Orry-Kelly sebagai pekerja seni Australia yang paling banyak mendapatkan Oscar.

Dalam kategori desain kostum terbaik, warga Australia pernah dinominasikan sebanyak 15 kali.
3. Heath Ledger - Penghargaan Anumerta
Heath Ledger -  Penghargaan Anumerta
Alberto Pizzoli, AFP
Heath Ledger adalah orangf kedua yang mendapat hadiah Oskar anumerta setelah meniggal di tahun 2008.

Heath baru saja selesai memerankan tokoh The Joker dalam film The Dark Knight beberapa bulan sebelumnya, dan ketika film tersebut diedit, Ledger meninggal karena overdosis.

Penampilannya di film tersebut membuatnya memenangkan gelar aktor pemeran pembantu terbaik di tahun 2009.
Aktor lain yang juga memenangkan Oscar anumerta juga berasal dari Australia, Peter Finch, yang memenangkan gelar aktor terbaik dalam perannya di film Network di tahun 1976.
 
4. Geoffrey Rush - Keberhasilan Pertama Kali
Geoffrey Rush -  Keberhasilan Pertama Kali
Ben Stansall, AFP
Geoffrey Rush sebelumnya lebih banyak tampil di panggung teater sampai ketika dia tampil di film Shine di usia 45 tahun, namanya mulai dikenal dunia.

Itu juga sebenarnya hampir tidak terjadi. Para penyandang dana pada awalnya menghendaki aktor lain karena nama Geoffrey belum begitu terkenal.

Setelah berhasil mengyakinkan penyandang dana, peran Geoffrey di film tersebut mendatangkan banyak penghargaan termasuk Oscar untuk Aktor Terbaik di tahun 1997.

Ketika menerima hadiah Golden Globe, dalam pidatonya Geoffrey mengatakan bahwa kemenangan ini diperuntukkan "bagi semua orang yang mendukung film ini sepanjang nama saya tidak ada di dalammnya."
 
5. Baju Berwarna Emas Bermotifkan Kartu American Express
 Baju Berwarna Emas Bermotifkan Kartu American Express
AFP
Desainer kostum asal Australia Lizzy Gardiner mendapatkan perhatian luas di tahun 1995, ketika dia menerima hadiah Oscar (untuk kemenangannya sebagai desain kostum terbaik) dia mengenakan baju yang dibuat dari 254 kartu American Express berlapis keemasan. Semua kartu itu asli namun sudah habis masa berlakunya.

Gaun itu pada awalnya didesain untuk film The Adventures of Priscilla, Queen of the Desert
namun tidak jadi dipakai. Karena kesulitan keuangan, Lizzy kemudian mengenakannya dalam acara Oscar tersebut.

Gaun ini kemudian disebut-sebut sebagai salah satu gaun "terburuk" dalam sejarah malam Oscar, dan dilelang di tahun 1999 seharga Rp 120 juta, dan uangnya diberikan kepada lembaga amal.
 
6. Hugh Jackman - Pembawa Acara asal Australian
Hugh Jackman - Pembawa Acara asal Australian
Gabriel Bouys, AFP
Hugh Jackman belum pernah dinominasikan untuk Oscar ketika dia menjadi pembawa acara di Oscar ke-81 di tahun 2009.

Ini agak di luar kebiasaan, karena biasanya yang dipilih adalah para pembawa acara terkenal di Amerika Serikat.

Di tahun 2012, Hugh dinominasikan untuk kategori aktor terbaik dalam perannya di film Les
Miserables.
7. Russell Crowe dan Geoffrey Rush - Dua aktor ternama Australia
Russell Crowe dan Geoffrey Rush - Dua aktor ternama Australia
Lucy Nicholson, AFP
Di tahun 2000 adalah satu-satunya tahun dimana dua aktor Australia sama-sama masuk dalam kategori aktor terbaik.

Russell Crowe (lahir di Selandia Baru, namun lebih mengaku sebagai orang Australia), dan Geoffrey Rush sudah pernah dinominasikan sebelumnya. Yang menang adalah Russel Crowe dalam perannya di film Gladiator.

Keduanya sekarang sudah memenangkan Oscar. Tahun berikutnya Russel kembali masuk nominasi, menjadikannya aktor Australia pertama yang masuk nominasi tiga kali berturut-turut.
 
8. Adam Elliot - Pencipta Harvie Krumpet
Adam Elliot - Pencipta Harvie Krumpet
ABC
Adam Elliot menciptakan kejutan di tahun 2003 ketika filmnya yang berbiaya rendah Harvie Krumpet mendapat Oscar untuk kategori film animasi pendek terbaik.

Penutur dalam film tersebut adalah Geoffrey Rush, dan film ini mengalahkan film-film ayng dibuat oleh studio besar di Hollywood termasuk Disney.

Adam mengatakan hadir di perayaan Oscar rasanya " seperti ditabrak truk, dan yang saya inginkan adalah bersembunyi di dalam lemari."

Australia juga cukup berprestasi di bidang animasi, dengan mendapatkan 3 Oscar dari 4 nominasi.
9. Orry-Kelly - Pemenang Oscar Terbanyak Asal Australia
 Orry-Kelly - Pemenang Oscar Terbanyak Asal Australia
Dolores del Rio wears an Orry-Kelly gown in I Live For Love, 1935. Wikimedia CC
Desainer kostum dari Australia sudah banyak terlibat dalam pembuatan film sejak film masih berwarna hitam putih dan di tahun 1950-an ini Australia mendapatkan paling banyak penghargaan Oscar.

Orry-Kelly adalah anak dari seorang penjahit. Dia magang bersama ayahnya, sebelum pindah ke Amerika Serikat untuk menjadi aktor. Namun dia akhirnya menajdi desainer kostum dan latar bagi studio-studio besar di Hollywood.

Orry sudah terlibat dalam ratusan film dan mendesain kostum bagi bintang-bintang terkenal kala itu seperti Bette Davis, Katharine Hepburn dan Ava Gardner. Dia bahkan pernah tinggal satu apartemen dengan Cary Grant.