ABC

7 hal yang mungkin belum Anda ketahui soal salju di Australia

Mungkin bagi Anda Australia hanya dikenal dengan pantai atau gurunnya, tapi saat musim dingin tiba, salju bisa turun di beberapa daerah. Anda pun bisa bermain ski atau sekedar foto-foto dengan salju. Ya, Australia bisa jadi pilihan liburan Anda untuk menikmati salju!

 

1. Kapan dan dimana salju turun di Australia?
When and where does it snow in Australia?
(ABC: Dan Taylor)

Pegunungan salju di Australia membentang dari kawasan New South Wales dan Victoria. Di New South Wales, salju bisa ditemukan di gunung tertinggi di Australia, Gunung Kosciuszko. Gunung ini tingginya seperempat dari Gunung Everest. Salju disini turun pada bulan Juni dan September.

Di negara bagian Victoria, pergunungan salju bisa ditemukan di kawasan High Country, yang bisa dicapai beberapa jam dengan mengendarai mobil. Kawasan ini memiliki curah salju yang cukup tinggi di musim dingin. Sementara di kawasan lain, seperti di Australia Selatan, Australia Barat, dan Queensland, salju jarang ditemukan.

2. Seberapa dingin puncak gunung di Australia ?
How cold does it get in the Australian Alps??
(ABC: Dan Taylor)

Suhu bisa berubah dengan mudah di kawasan puncak Australia, dari satu pegunungan ke pegunungan lainnya. Semakin tinggi kita berada, suhu bisa semakin dingin. Di awal musim dingin, angin dingin dari Kutub Selatan berhembus ke tenggara Australia dan bisa menyebabkan suhu turun hingga dibawah nol derajat. Suhu terdingin di puncak gunung yang pernah tercatat adalah -23 °C (-9.4 °F) di Puncak Charlotte pada 29 June 1994.

3. Apakah kita bisa bermain ski saat sedang bersalju?
Do people go skiing or snowboarding in Australia?
(ABC: Dan Taylor)

Banyak warga Australia pergi ke gunung salju setiap tahunnya, untuk bersalju atau snowboard. Olah raga ski pertama kali masuk ke Australia saat pertambangan emas sedang booming di negara bagian New South Wales. Kota Kiandra menjadi tempat kelahiran ski di Australia setelah para penambang dari Norwegia membuat alat-alat ski dan memperkenalkannya pada warga di tahun 1861. Hampir semua resor salju di Australia menawarkan sekolah ski untuk semua kalangan usia

4. Dimanakah ski resor paling populer di Australia?
Where are the ski slopes and resorts in Australia?
(ABC: Dan Taylor)
  • Negara bagian New South Wales memiliki empat resor ternama, yakni di Thredbo, Perisher, Selwyn Snowfields dan Charlotte Pass.
  • Di Victoria, Anda bisa mencoba bermain salju di Mount Hotham, Falls Creek, Mount Buller, Mount Buffalo dan Mount Baw Baw
  • Sementara di Tasmania 2 tempat yang populer adalah di Ben Lomond dan Mount Mawson
5. Adakah kompetisi olah raga musim dingin di Australia?
What is the largest snow sports event in the Southern Hemisphere?
(ABC: Dan Taylor)

Setiap tahunnya, lebih dari 5000 murid-murid sekolah ikut ambil dalam kejuaraan olah raga musim dingin di ajang Victorian Interschools Snowsports Championships. Ajang ini menjadi ajang olah raga musim dingin terbesar di khatulistiwa selatan. Para murid-murid tersebut mewakili negara-negara bagian yang ada di Australia. 90 persen atlet Australia yang turun di Olimpiade Musim Dingin Dunia mengawali karirnya dari ajang ini.

6. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat ada salju?
What else can you do in the snow in Australia?
(ABC: Dan Taylor)

Ski bukanlah satu-satunya permainan yang bisa dilakukan saat ada salju. Anda juga bisa mencoba snowboarding, tobogganing, snow tubing ataupun sledding. Kalau pun Anda hanya bermain salju, mengapa tidak mencoba membuat manusia salju atau sekedar lemparan-lemparan salju? 

7. Apa yang unik dari salju di Australia?
What makes the snow experience unique in Australia?
(ABC: Dan Taylor)

Saat Anda sedang berada di gunung bersalju, jangan heran kalau Anda masih akan melihat binatang-binatang khas Australia berkeliaran. Mungkin saja saat Anda bermain salju atau saat sedang bermain ski, Anda akan melihat kangguru, wombat, koala, juga ada beberapa jenis burung cantik yang membuat pengalaman salju di Australia menjadi berbeda dari tempat lainnya di dunia!