ABC

7 Alasan Pentingnya APBN Australia 2014

Setiap tahun, di hari Selasa kedua di bulan Mei, pemerintah yang berkuasa di Australia akan menyampaikan Anggaran Pemdapatan dan Belanja Negara. Pajak baru, pemotongan anggaran, inisiatif baru dan pendanaannya menjadi hal yang ditunggu masyarakat banyak.

Biasanya, hanya mereka yang mengikuti politik dengan seksama akan menaruh perhatian besar pada pengumuman anggaran tersebut, namun tahun ini perhatian tampak berlebih.

Berbagai bocoran ke media, pernyataan dari pemerintah, dan janji yang diucapkan selama kampanye menunjukkan adanya berbagai pemotongan, adanya pajak baru, dan rencana infrastruktur baru yang akan mempengaruhi hajat hidup banyak warga Australia.

Berikut 7 hal yang penting bagi warga Australia dalam anggaran tahun ini.

1. Agenda baru
 Agenda baru
Menteri Keuangan Joe Hockey dan Perdana Menteri Tony Abbott akan menyampaikan RAPBN pertama mereka. AAP
Ketika Menteri Keuangan Joe Hockey menyampaikan rancangan APBN hari Selasa malam, ini merupakan anggaran pertama yang disampaikan oleh pemerintahan pimpiman Perdana Menteri Tony Abbott. Seperti banyak APBN pertama dari pemerintahan baru, biasanya banyak berisi pemotongan anggaran dan pajak baru.
Perhatian juga akan dirahkan ke pemimpin oposisi Bill Shorten, yang akan memberikan tanggapan atas pidato APBN ini dua hari setelah pidato pengajuan. Karena pemerintah tidak memiliki mayoritas di Majelis Tinggi parlemen, maka pihak oposisi akan memberikan rincian mengenai mana yang disetujui dan aspek mana dari APBN yang masih harus dirundingkan dengan beberapa partai kecil lainnya untuk bisa mendapatkan dukungan.
2. Pensiun
Pensiun
Usia pensiun di Australia akan diperpanjang , photoxpress.com: Julian May
Pembicaraan hangat menjelang pengumuman APBN ini adalah perpanjangan usia pensiun.

Usia untuk boleh menerima pensiun saat ini adalah 65 tahun, namun akan naik menjadi 67 tahun di 2023, dan berbagai laporan media menyebutkan bahwa pemerintah akan meningkatkan usia pensiun dari 67 menjadi 70 tahun mulai tahun 2035.
3. Layanan kesehatan (Medicare)
 Layanan Kesehatan (Medicare)
Warga Australia mungkin segera harus membayar untuk konsultasi dengan dokter, CC Flickr: Alex E Proimos
Sejak tahun 1975, warga Australia bisa mendatangi dokter untuk konsultasi tanpa bayaran, dengan dokter yang berada di bawah kategori bulk billing. Laporan media menyebutkan bahwa pemerintah akan menerapkan kebijakan bahwa setiap orang harus membayar antara $ 6 sampai $ 15 dolar (Rp 60 ribu-Rp 150 ribu) ketika mereka mengunjungi para dokter bulk billing tersebut.
4. Skema asuransi penyandang cacat
Skema Asuransi Penyandang Cacat
Penerapan skema NDIS mugkin akan ditunda. iStockphoto
Para penyandang cacat, juga mereka yang mengurusi para penyandang cacat dan juga para petugas kesehatan yang mengurusi penyandang cacat dengan cemas menunggu apakah pendanaan yang dialokasikan untuk skema asuransi penyandang cacat yang disetujui pemerintah sebelumnya akan dilaksanakan.
Skema Asuransi Penyandang Cacat Nasional (NDIS) akan memastikan bahwa sekitar 450 ribu warga akan mendapat jaminan keuangan tertentu dan mereka tidak akan pernah ditelantarkan.
Pemerintah yang sekarang tetap akan melanjutkan program tersebut, yang diperkirakan memakan biaya antara $15 sampai 22 triliun ketika diterapkan secara penuh di tahun 2017, namun dalam berita mengenai uji coba yang sudah dilakukan, ada kemungkinan program ini akan ditunda pelaksanaannya.
5. Pajak karbon
 Pajak Karbon
Menghentikan pajak karbon menjadi janji yang diungkapkan dalam kampanye pemilu lalu , iStockphoto
Salah satu kebijakan utama pemerintahan terdahulu adalah penerapan pajak karbon.
Dalam kampanye pemilu 2013, Tony Abbott mengatakan akan menghilangkan pajak tersebut dan pihak oposisi masih mendukung pajak tersebut, sehingga pemerintah yang sekarang kesulitan guna meloloskan usaha tersebut di parlemen.
6. Lapangan kerja
Lapangan Kerja
Banyak pegawai negeri di Australia mungkin harus mencari kerja baru setelah APBN diumumkan. AAP
Laporan media menyebutkan bahwa sekitar 200 pos anggaran dan sekitar 25 ribu lapangan kerja di sektor pemerintahan akan dihapus. Ini tentu masa-masa penantian yang mencemaskan bagi mereka yang mungkin terkena dampaknya: pegawai negeri, para peneliri, petugas kesehatan dan mereka yang tergantung pada kontrak kerja dengan pemerintah.
7. Cuti mengurusi anak
Cuti Mengurusi Anak
Cuti mengurusi anak akan dikurangi dari yang sudah diljanjikan selama kampanye pemilu. ABC
Para orang tua yang memiliki anak juga akan menunggu keputusan mengenai salah satu kebijakan utama pemerintah yang dijanjikan selama kampanye - Cuti Mengurusi Anak.
Kebijakan ini akan memberikan cuti lebih panjang dari yang ada sekarang, dan memungkinkan para ibu untuk mengurusi bayi mereka, selama enam bulan lebih panjang dari yang sudah ada. Mereka akan mendapatkan bayaran penuh, namun sekarang sudah dibatasi dengan jumlah maksimal $ 50 ribu

Kebijakan ini menimbulkan debat hangat karena dianggap terlalu berlebihan, dan mendapatkan kritikan dari berbagai pihak.

Publik Internasional bisa mengikuti Pidato APBN ini dan berbagai kajian sesudahnya lewat Australia Network dan Radio Australia hari Selasa 13 Mei mulai jam 19:30 AEST (pukul 16 WIB). Rincian mengenai liputan ABC bisa dlihat di sini.

Publik Internasional bisa mengikuti Pidato APBN ini  dan berbagai kajian sesudahnya lewat Australia Network dan Radio Australia  hari Selasa 13 Mei mulai jam  19:30 AEST (pukul 16 WIB). Rincian mengenai liputan ABC bisa dlihat di sini.