ABC

5 Hal Menarik di Seputar Australia Open

Turnamen tenis Australia Open secara resmi dimulai hari Senin (13/01/2014) di Melbourne Park. Ratusan petenis ternama dari seluruh dunia dan ratusan ribu pengunjung selama dua minggu akan menyaksikan pertandingan tenis bergengsi dunia ini.

Setiap tahunnya, Melbourne menjadi tuan rumah ajang kejuaraan tenis Grand Slam. Tapi, ini bukanlah pertandingan tenis biasa.

Selain bertaburan pemain bintang, bisa saja Anda bertemu dengan sejumlah selebritas dunia. Australia Open telah menjadi salah satu ajang olahraga yang digemari, bahkan ribuan warga asing setiap tahunnya berkunjung ke Melbourne khusus untuk menyaksikan pertandingan ini.

Anda ingin tahu lebih banyak hal-hal menarik seputar Australia Open? Berikut laporannya.

1. Pengunjung Mencapai 680 Ribu Orang Lebih

Image TitleSource: AAP - David Crosling
Di tahun 2012, pengunjung Australia Open selama 12 hari mencapai rekornya, yakni mencapai lebih dari 686 ribu orang. Tahun lalu, mencapai 684 ribu orang. Tahun 2014, tiket penjualan meningkat 8,5 persen dari tahun lalu. Para pengunjung ini bukan hanya dari dalam negeri saja. Setiap tahunnya, lebih dari 30 ribu pengunjung dari luar Australia berkunjung untuk memberikan semangat kepada petenis kebanggan negaranya. Pengunjung dari kawasan Asia, terutama Cina tercatat masih yang terbanyak.
 

2. Menghasilkan 1,8 Triliun Rupiah dalam Dua Minggu

Image TitleSource: ABC News
Menurut laporan Australian Financial Review, total pendapatan dari Australia Open di tahun 2013 mencapai 1,81 triliun rupiah. Tahun ini diperkirakan akan meningkat 10 persen dari tahun lalu. Pendapatan ini bukan hanya dari penjualan tiket saja, tapi juga dari sejumlah kerjasama dan iklan. Di tahun 2013, Australia Open bahkan membuka kantor khusus pemasaran di Hong Kong. Ketua Menteri Negara Bagian Victoria Denis Napthine mengatakan tahun ini pun akan mengeluarkan lebih dari 6 triliun rupiah untuk menambah kapasitas dan fasilitas dua stadion Rod Laver Arena dan Margaret Court Arena.
 

3. Turnamen yang Khusus Miliki Kebijakan Soal Cuaca Panas

Image TitleSource: AFP: Greg Wood

Saat kejuaraan berlangsung, Melbourne sedang mengalami musim panas. Pekan di saat Australia Open digelar tahun ini, Melbourne akan mengalami cuaca panas hingga 40 derajat celcius. Di tahun 1998, Federasi Tenis Australia dan pihak penyelenggara akhirnya memberlakukan extreme hot policy atau kebijakan cuaca panas ekstrim. Dalam kebijakan ini, petenis diperbolehkan menggunakan rompi dengan es saat mencapai suhu panas tertentu, hingga kebijakan untuk hentikan permainan jika satu set telah tercapai.

4. Bertaburan Bintang Dunia

Image TitleSource: Getty Image - Cameron Spencer

Foto ini adalah Stefan 'Redfoo' Gordy dari grup musik ternama LMFAO yang pernah menyaksikan Australia Open di tahun 2013, yang tentunya untuk memberikan semangat bagi pacarnya, Victoria Azarenka. Di tahun yang sama, mulai dari Pangeran William, penyanyi Lily Alen, aktor Geoffrey Rush, hingga pemeran Hulk, Eric Bana pun terlihat menyaksikan sejumlah pertandingan. Tapi biasanya kedatangan para selebritis dunia ini tidak diumumkan sebelumnya, baru dilaporkan di media massa, setelah para fotografer membidik keberadaan mereka.

5. Pendukung dengan Kostum Unik

Image TitleSource: Getty Images - Scott Barbour
Seperti pada ajang kejuaraan olah raga lainnya, pendukung petenis-petenis yang berlaga di Australia Open pun menggunakan atribut dan kostum yang menarik. Mereka biasanya menggenakan kostum yang berwarna sama, bahkan tak jarang pula mengecat muka mereka dengan lambang negara asal petenis yang mereka dukung. Yang menarik, para pendukung tidak selalu memberikan dukungannya sesuai dengan negara mereka berasal. Bisa saja pendukung Australia mendukung petenis Cina, Li Na, atau pendukung dari Australia yang mendukung Murray dan Djokovic seperti dalam foto di atas.