ABC

2 dari 3 Orang Australia Pergi Kerja Naik Mobil

Sebanyak dua dari tiga orang Australia ternyata mengendarai mobil pribadi ke tempat kerja, sementara rata-rata mobil di Australia digunakan sejauh 12.881 km pertahun. Demikian terungkap dalam sebuah studi atas data sensus, Senin (2/2/2014).

Sementara itu, terdapat 13,3 juta kendaraan terdaftar di Australia, yang berarti satu kendaraan untuk setiap 1,37 orang dalam kelompok usia yang boleh mengemudikan mobil.

Dan tidak sampai satu dari 10 keluarga melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mobil, menurut lembaga riset sosial McCrindle, yang menganalisa data dari Biro Statistik Australia.

Dari semua orang dewasa Australia yang bekerja atau studi penuh, 71 persen kebanyakan menggunakan kendaraan umum, dan hampir sembilan dari 10 orang dewasa (88 persen) menggunakan mobil untuk pergi ke tempat-tempat selain tempat kerja.

Studi itu mendapati kenaikan 0,8 persen dalam jumlah orang yang pergi ke tempat kerja dengan mobil dibandingkan dengan lima tahun lalu, menjadi 655.939 orang setiap hari.

Tiga cara pergi ke tempat kerja yang mengalami penurunan adalah berjalan kaki (turun 3 persen), naik kendaraan umum (turun 0,6 persen) dan naik sepeda motor (turun 0,1 persen).

Satu dari lima penumpang kereta api juga menggunakan mobil untuk sebagian perjalanannya, dan satu dari 10 penumpang bis melakukan hal yang sama.

Lebih dari separuh orang Australia mengatakan, alasan mereka tidak menggunakan angkutan umum adalah karena tidak ada layanan angkutan umum, atau kalau ada, waktunya tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sementara itu, rata-rata mobil di Australia digunakan 12.881 kilometer setahun, yang berarti, orang Australia dengan seluruhnya 13 juta kendaraan berjalan total 167 miliar kilometer setahun - sama dengan mengendarai mobil ke Pluto dan kembali 20 kali setahun.

Riset itu mendapati, orang yang menggunakan mobil ke tempat kerja di Melbourne 107.792 lebih banyak daripada di Sydney, meskipun penduduk Sydney lebih banyak 400 ribu orang.

Tapi, orang Melbourne lebih banyak yang mengendarai sepeda ke tempat kerja dibandingkan dengan kota-kota lain di Australia (25.594), dan 41 persen dari semua wanta yang bersepeda ke tempat kerja di Australia tinggal di Melbourne.

Dan mobil yang digunakan untuk pergi ke tempat kerja di Sydney lebih banyak dibandingkan dengan negara bagian Australia Barat, Australia Selatan, Wilayah Utara dan Tasmania digabung.

Demikian pula, di Sydney jumlah orang yang pergi ke tempat kerja dengan kereta api (hampir 187.760) kira-kira sama dengan negara-negara bagian Australia lainnya digabung.