ABC

13 Kisah Hewan Paling Populer Tahun 2015

Sepanjang tahun 2015 ini, banyak berita-berita penting dan cerita yang mengharukan dan terkadang sulit bagi kita menemukan berita-berita yang dapat membuat kita tersenyum. 

Tapi hewan punya banyak cara untuk meningkatkan semangat dan mengingatkan kita tentang kebaikan di dunia.
 
Berikut beberapa cerita hewan dari seluruh kawasan di Australia yang pernah menghiasi laman situs ABC sepanjang tahun 2015.
 

Pernahkan Anda mendengar cerita seekor kangguru yang mengira dirinya seekor Anjing?


Cerita hewan terpopuler sepanjang tahun 2015 adalah cerita mengenai Dusty  kangguru, yang diadopsi oleh sebuah keluarga  di Australia Barat  setelah ibunya mati.

Dusty meyakini kalau dirinya adalah seekor anjing dan berbagi rumah baru – tempat tidur anjing — dengan Rosie anjing jenis collie dan Lilly jenis golden retriever, milik keluarga yang mengadopsinya.

Kisah kangguru yang krisis identitas ini sempat mencuri perhatian media internasional.
 

Dusty kangguru yang mengira dirinya adalah anjing peternakan.
Dusty kangguru yang mengira dirinya adalah anjing peternakan.

Persahabatan unik antara Dora dan Diego 


Dora adalah seekor keledai yang dipilih untuk menjadi hewan penjaga bagi Diego, seekor anak sapi. Dora bertugas menjaga anak sapi itu dari terkaman anjing liar atau dingoes.

Meski demikian, pasangan ini membentuk ikatan yang sangat erat diantara keduanya dan petani Majella Rayment yakin Diego mengira Dora adalah ibunya.

"Ketika Anda memberikan [Diego] botol susu, segera setelahnya diambil dia akan berdiri dan mulai menyedot bagian ekor keledai itu,” katanya.
 
Rayment mengatakan pasangan ini masih berteman baik meski Diego sempat merasa sedikit bingung setelah Rayments menempatkan 10 ekor anak sapi lain tanpa ibu tinggal di peternakan yang sama dengan Dora.
 
"Di kawasan Winton ini masih cukup kering, tidak ada cukup pakan, jadi kami memelihara mereka di halaman rumah kami di sini," kata 
Rayment.
 
Dora keledai dan Diego seekor anak sapi yang sangat akrab. ABC: Chrissy Arthur
Dora keledai dan Diego seekor anak sapi yang sangat akrab. ABC: Chrissy Arthur

 

Burung Magpie yang menjadi selebriti media sosial

 
Kisah Penguin burung magpie dan keluarga bloom menjadi sorotan pada Maret  2015.
 
Burung muda ini ditemukan ketika masih bayi pada akhir tahun 2013 lalu, kemudian dibesarkan oleh Keluarga Bloom. Burung ini kemudian mampu mencuri perhatian luas dari pengguna media sosial.

Akun instagram burung magpie ini bahkan mendapat pengikut hingga 120 ribu orang.
 
Foto-foto dari burung ini yang sedang berinteraksi dengan keluarga Bloom diberitakan oleh berbagai media di dunia.
 
Pengaruhnya terhadap keluarga Bloom telah juga didokumentasikan menjadi buku yang berjudul, Penguin Bloom, yang akan dirilis pada  16 April 2016 mendatang oleh ABC Books
 

Echidna korban penculikan berhasil menetaskan anak


Apakah Anda masih ingat berita tentang hewan echidna yang dicuri dari pusat perlindungan hewan di Gold Coast,  Queensland Agustus 2015 lalu?
 
Piggie, nama echidna itu berhasil dikawinkan dengan echidna jantan bernama Spike dan and melahirkan bayi echidna kecil lucu, yang lahir pada 29 September.
 
Penjaga pusat rehabilitasi hewan itu sempat khawatir piggie tidak bisa menetaskan telurnya karena stress akibat insiden penculikan tersebut.
 
Anak echidna baru itu yang jenis kelaminnya belum diketahui akan tetap dipelihara di pusat perlindungan hewan tersebut.
 

Koala yang beruntung
 

Koala muda ini diberinama "Bear Grylls" berhasil selamat bergantungan pada gardan depan sebuah mobil di Adelaide Hills pada September lalu .
 
Pengemudi mobil tersebut tahu dia telah menabrak seekor koala dan sangat khawatir kalau-kalau koala itu mati tertabrak kendaraannya.
Tapi ketika dia tiba di rumah, barulah koala yang ditabraknya menunjukan diri.
 
"Begitu saya tiba di rumah saya langsung memasukan mobil ke dalam garasi. Saya lalu menyalakan lampu untuk melihat kerusakan akibat menabrak koala tadi,” kata Loren Davis.
 
"Begitu saya berbalik, saya melihat seekor koala dan Saya langsung berteriak,”
 
Dan luar biasanya lagi, dokter hewan yang memeriksa koala tadi menyatakan marsupial itu tidak menderita luka yang signifikan.
 

Koala yang mendapat julukan "Bear Grylls" ditemukan bergelantungan digardan mobil.
Koala yang mendapat julukan "Bear Grylls" ditemukan bergelantungan digardan mobil.

Wombat yang terjebak di tengah Danau Tasmania
 

terjebak di tengah-tengah danau di Tasmania pada November lalu. Ia beruntung, dua orang nelayan berhasil melihatnya dan berhasil menyelamatkan marsupial tersebut ke dalam perahunya.
 
"Hewan itu terlihat cukup kesulitan,” kata Bon Wilton, nelayan yang menyelamatkan wombat tersebut.
 
"Saya kira dia seneng ketika bisa menjejakan kakinya kembali di lantai perahu kami,” tambahny

 

Domba Chris pecahkan rekor dunia


Domba dengan bulu yang sangat besar dipastikan akan mendapatkan perhatian orang banyak. Dan tahun ini domba bernama Chris berhasil mendapatkan perhatian itu.
 
Setelah ditemukan berkelana tak tentu ara di dekat Canberra September lalu, pemenang lomba mencukur buku domba, Ian Elkins berhasil mengungkapkan kalau Chris memiliki bulu domba seberat 40,45 kilogram dan beberapa waktu kemudian resmi dinobatkan sebagai pemegang rekor dunia domba dengan bulu terberat.
 
Sebelumnya gelar tersebut dipegang oleh seekor domba asal Selandia Baru bernama Shrek yang memiliki bulu seberat 27 kilogram. Sebelumnya domba bernama Shaun, juga berusaha meraih rekor tersebut namun gagal karena setelah ditimbang bulu Shaun hanya 23.5 kilogram.
 

Very woolly sheep found near Canberra
Very woolly sheep found near Canberra

Bikini ilmiah untuk kura-kura laut
 

Peneliti di Universitas Queensland mengembangkan baju rennag kecil yang dikenakan untuk kura-kura lau yang terancam punah 
 
Pakaian renang yang diberi nama "turtle-kinis" ini memungkinkan peneliti mengumpulkan kotoran mereka dan membantu mengidentifikasi wilayah kura-kura laut itu mencari makan.
 
Mahasiswa PhD, Owen Coffee mengatakan baju renang kura-kura itu bertindak sebagai jaring bagi popok raksasa. Coffee menghabiskan waktu sepanjang musim panas ini untuk mengumpulkan sampel jaringan dari populasi penyu betina yang bersarang di Heron Island dan Mon Repos.
 
Dengan menggunakan sampel tersebut bersama-sama dengan kura-kura yang menggunakan "pakaian renang", Ia berharap dapat memastikan apakah alasan kura-kura laut mencari makan di lokasi yang berbeda dan dampaknya pada frekuensi bersarang satwa ini.
 

Koala yang 'berobat' ke rumah sakit...


Kunjungan tidak biasa dari seekor koala ke rumah sakit regional di  Victoria sempat menghebohkan warga.

Staf yang berjaga malam di rumah sakit itu sangat terkejut begitu menemukan pasien yang masuk ke ruangan gawat darurat mereka pada Bulan Mei lalu.
 
Karena tingginya, staf rumah sakit sampai tidak menyadari ada seekor koala yang mondar mandir di ruang gawat darurat sampai gambar koala tersebut tertangkap kamera pengawas.

"Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan datang menjadi pasien ketika bertigas di layanan kesehatan daerah di bagian barat ini,” kata kepala eksekutif rumah sakit, Rohan Fitzgerald.
 

Peternakan istimewa untuk hewan berkebutuhan khusus
 

Anjing berkaki tiga, kuda buta dan keledai yang mengalami kecemasan tinggal bersama dan bahagia di sebuah rumah perawatan hewan di Queensland.

Peternakan Storybrook di Barat Daya Queensland, menawarkan tempat yang aman bagi hewan yang memiliki kebutuhan khusus.
 
Peternakan ini didirikan, setelah anjing milik keluarga tersebut, Waddles, lumpuh dan pemiliknya mendapati tidak ada layanan yang mau merawat hewan-hewan yang cacat
 
Anjing berkaki tiga salah satu hewan yang dipeliharan di peternakan bagi hewan berkebutuhan khusus di Qeensland.
Anjing berkaki tiga salah satu hewan yang dipeliharan di peternakan bagi hewan berkebutuhan khusus di Qeensland.

 

Wombat Jomblo cari pasangan disitus kencan
 

Seekor wombat yang kesepian di Taman Satwa Liar Victoria terpaksa menggunakan aplikasi mencari teman kencan Tinder untuk mencari belahan hatinya. 
 
Patrick adalah seekor wombat biasa dan dia merupakan wombat tertua di penangkaran tersebut. Pada bulan Agustus kemarin, Patrick genap berusia 30 tahun dan didaftarkan di situs kencan tersebut oleh perawatnya.
 
Pemilik taman satwa liar Ballarat, Julia Leonard mengatakan Patrick menerima banyak perhatian sejak muncul di Tinder.
 
"Dia jadi punya banyak teman kencan perempuan yang mengunjunginya di taman ini,” katanya.
 
"Namun dia belum berhasil melabuhkan cintanya, sepertinya dia tidak bisa menjatuhkan pilihan,” 
 

Anjing di laut!
 

Seekor anjing labrador yang kelelahan berhasil diselamatkan di Teluk Napoli, di lepas pantai Italia, pada bulan Oktober.

Anak anjing itu terjatuh dari pangkuan pemilik barunya dan terjatuh ke laut ketika berada di kapal feri dalam perjalanan pulang dengan pemilik barunya.

Meskipun diberitahu bahwa anjingnya terjatuh ke laut, namun awak ferry tidak bersedia berhenti dan mencarinya karena berasumsi anak anjingnya  telah tenggelam.

Untungnya, sebuah kapal yang memuat pelaut dari klub yacht lokal melihat anjing yang gemetar dan merintih kelelahan itu dan menariknya naik perahu mereka.

"Saya sangat senang saya bisa memeluknya lagi, tapi saya masih kesal dan marah tentang apa yang terjadi ketika anjing jatuh ke laut," kata pemilik anjing Mario Di Meglio.
 

Rumah sakit katak pertama di Australia 
 

Rumah Sakit Katak di  Cairns yang terletak di utara jauh Queensland merupakan sebuah misi untuk menyoroti penderitaan katak asli.

Namun, pendirinya Deborah Pergolotti mengatakan meningkatnya jumlah katak yang sakit dan terluka yang dibarengi dengan kurangnya minat dan kepedulian masyarakat terhadap hewan katak, membuat pekerjaan mereka semakin menantang.
 
Sejak didirikan tahun 1998, rumah sakit unik ini telah merawat sekitar 3.000 katak dewasa.
 
Patty, salah satu katak yang dirawat di rumah sakit khusus katak,
Patty, salah satu katak yang dirawat di rumah sakit khusus katak,