ABC

11 Bencana Alam Terbesar dalam Sejarah Australia

Australia mengalami banyak bencana alam, antara lain kebakaran hutan, banjir, taufan, badai dahsyat, gempa bumi dan tanah longsor. Bencana-bencana ini sering terjadi, tapi pada saat yang tidak dapat diprediksi, sehingga menimbulkan korban jiwa dan kehancuran pada rumah-rumah dan mata pencarian penduduk. Berikut 11 bencana alam terbesar dalam sejarah Australia.

1. Topan Tracy 1974 – Darwin

Darwin dibuat porak poranda pada Hari Natal oleh badai tropis paling signifikan di Australia. Taufan Tracy termasuk kecil menurut standar dunia, tapi intens dan mengakibatkan bencana besar. 71 orang tewas dan perlu waktu tiga tahun untuk pembangunan kembali dan perbaikan lebih dari 2500 rumah.

2. Kebakaran Hutan Ash Wednesday 1983 – Victoria & Australia Selatan

Negara bagian Victoria dan Australia Selatan mengalami salah-satu musim panas yang terpanas dan paling kering dalam catatan. 75 orang tewas termasuk 14 relawan pemadam kebakaran. 2300 rumah musnah dan lebih dari 300-ribu hektar tanah hangus.

3. Gempa Bumi 1989 – Newcastle

Meskipun gempa itu berkekuatan hanya 5,6 pada Skala Richter, namun ini adalah gempa paling menghancurkan dalam sejarah Australia. 13 nyawa melayang antara Hari Natal dan Malam Tahun Baru. Banyak gedung bersejarah di kota itu hancur. 35-ribu juga hancur, mengakibarkan seribu orang kehilangan tempat tinggal. Seluruhnya 50-ribu bangunan rusak dengan kerugian bernilai 4 milyar dolar Australia.

4. Musim Kering 1991-95  – New South Wales dan Queensland

Musim kering yang hebat dan berkepanjangan di bagian tengah dan selatan negara bagian Queensland dan di bagian utara negara bagian New South Wales adalah akibat dari curah hujan terendah dalam sejarah Australia. Nafkah banyak petani yang sudah kepayahan hancur dan ribuan ternak mati atau terpaksa harus dibunuh. Produksi pedalaman rata-rata turun lebih dari 10 persen dan angka pengangguran meningkat. Kerugian pada ekonomi diperkirakan sekitar 5 milyar dolar Australia.

5. Badai Hujan Es 1999  – Sydney

Hujan angin ribut disertai petir dan guruh melanda Sydney, dengan hujan es berukuran hingga 9x8x8 sentimeter. Badai hujan es itu menimbulkan kehancuran luas di Sydney. 20-ribu gedung, 40-ribu kendaraan dan 25 pesawat hancur, dengan kerugian bernilai seluruhnya 1,7 milyar dolar.

6. Gelombang Panas Tenggara 2009

Australia tenggara mengalami salah-satu gelombang panas paling ekstrim dalam catatan sejarah. Selama periode itu, 50 lokasi terpisah mencapai rekor dalam suhu udara tertinggi pada siang dan malam hari berturut-turut. Suhu tertinggi tercatat di negara bagian Victoria 48.8 derajat Celsius. Diperkirakan 374 orang meninggal di Victoria pada minggu pertama gelombang panas itu.

7. Kebakaran Hutan Black Saturday 2009 – Victoria

Kondisi menjelang kebakaran hutan Black Saturday di Victoria memang termasuk yang terburuk dalam catatan (lihat nomer 6). Suhu udara mencapai 46 derajat Celsius dan angin bertiup dengan kecepatan melebihi 100 kilometer per jam. 400 titik kebakaran sulit dikendalikan dan 173 orang tewas, termasuk 120 orang dalam satu kebakaran di daerah Kinglake saja.

8. Banjir 2011 – Queensland

Banjir 2011 dianggap sebagai peristiwa bencana terbesar dalam sejarah negara bagian Queensland dan merupakan banjir terbesar dalam sejarah Australia. 35 orang ditegaskan tewas, lebih dari 70 kota dan lebih dari 200-ribu orang menderita dampaknya. Kerugian diperkirakan 2,38 milyar dolar Australia.

9. Tanah Longsor 1997 - Thredbo

Kira-kira seribu ton lumpur, batu dan pohon menimpa dua kabin di sebuah resor ski, mengakibatkan kabin yang pertama jatuh diatas kabin yang kedua. Kedua bangunan itu hancur dan orang-orang di dalamnya terkubur tanah longsor. Dari 19 orang yang terkubur, Stuart Diver adalah satu-satunya yang selamat. Setelah bertahan selama tiga malam dalam suhu udara yang sangat dingin dan mengalami hypothermia, Stuart akhirnya berhasil diangkat, menyusul operasi penyelamatan selama 10 jam.

10. Topan Yasi 2011 – Queensland

Taufan Yasi kategori 5 menimbulkan angin berkecepatan 295 kilometer per jam dan merentang 650 kilometer. Walau hanya satu korban jiwa yang tercatat, namun Yasi lebih kuat ketika mendarat daripada Badai Katrina, yang menewaskan hampir 2-ribu orang.

11. Kebakaran Hutan 2013  – Sydney

Tanggal 14 Oktober 2013 merupakan hari terpanas bulan Oktober yang pernah tercatat di negara bagian New South Wales. Memasuki 18 Oktober, 100 kebakaran berkobar di negara bagian itu. Kebakaran itu adalah yang terburuk di New South Wales sejak 1960-an. Dua orang tewas, 248 rumah hancur dan kerusakan diperkirakan melebih 94 juta dolar.