ABC

1 dari 10 Warga Australia Memiliki Penyakit Ginjal Kronis

Laporan kesehatan terbaru di Australia menyebut, 1 dari 10 orang di negeri kanguru hidup dengan penyakit ginjal kronis dan sebagian besar tak menyadari mereka memilikinya.

Di Australia, seseorang meninggal akibat penyakit terkait ginjal setiap 25 menit. Dari sekitar 1,7 juta warga Australia yang memiliki penyakit ginjal kronis, 1,5 juta di antaranya tak menyadari mereka memilikinya.

Mengingat begitu banyak orang yang tak terdiagnosa, dokter memperingatkan adanya peningkatan beban pada sistem kesehatan di sana.

Nik Pinchbek telah merubah pola makannya dan kini menemui dokter ahli ginjal secara rutin.
Nik Pinchbek telah merubah pola makannya dan kini menemui dokter ahli ginjal secara rutin.

Kepala lembaga Kesehatan Ginjal Australia, Anne Wilson, mengatakan, itu adalah penyakit yang "diam" dan "berbahaya" dengan sejumlah gejala.

"Ini adalah penyakit yang umum, ini berbahaya, tapi bisa diobati jika kita mendeteksinya awal," utaranya.

ia mengatakan, 1 dari 6 orang dengan tekanan darah tinggi juga memiliki beberapa tahap penyakit ginjal, namun banyak yang belum diperiksa.

Menjelang pernikahannya 3 tahun lalu, pria Sydney, Nik Pinchbeck, pergi bersenang-senang untuk merayakan malam terakhirnya sebagai lajang.

Setelah minum-minum dengan teman-teman, ia jatuh dan kepalanya terbentur ketika sampai di rumah.

"Saya bangun keesokan harinya merasa sangat buruk dan berpikir ... bahwa saya telah melakukan sesuatu yang mengerikan untuk diri saya sendiri," ungkapnya.

Dokter mengatakan kepadanya bahwa ia tidak mengalami gegar otak, tapi tes rutin mengungkap bahwa ia memiliki penyakit ginjal stadium empat.

Pria 34-tahun itu mengatakan, ia terkejut oleh diagnose tersebut.

"Ginjal saya 80% tak berfungsi. Tujuh hari di rumah sakit memungkinkan Anda lama berselancar di internet untuk mencari tahu apa penyakit ginjal, jadi saya banyak belajar,” utaranya.

"Bagi saya, sekarang ini adalah jalan panjang untuk pencegahan," tambahnya.

Nik mengatakan, ia telah membuat perubahan pola makan dan sekarang menemui dokter ginjal secara teratur.

Laporan dari lembaga Kesehatan Ginjal Australia melihat bagaimana penyakit ini akan mempengaruhi Australia selama dekade berikutnya.

Dr Tim Matthew, direktur medis di lembaga Kesehatan Ginjal Australia, mengatakan, kemungkinan ada beban yang meningkat pada sistem kesehatan di tahun 2020.

"Setiap kasus menghabiskan biaya antara 50.000-90.000 dolar per tahun," katanya.

Dr Tim mengatakan, "epidemi diabetes" di Australia juga terkait dengan peningkatan kematian yang disebabkan oleh penyakit ginjal.

"Menjalani dialisis adalah bagian yang sulit dari perawatan kesehatan. Apapun bisa kami lakukan untuk mengurangi atau menghindarinya, saya pikir kami harus lakukan," jelasnya.