ABC

Australia bantu $2 juta bagi penyelesaian konflik Mindanao

Australia akan kucurkan hampir dua juta dollar untuk membantu proses perdamaian di Mindanao, Filipina. 

Hampir dua juta dollar akan dikucurkan oleh pemerintah Australia ke kawasan Mindanao di Filipina bagian selatan guna membantu berjalannya proses perdamaian di kawasan tersebut. 

Saat ini, Pemerintah Filipina tengah bernegosiasi dengan pihak separatis Moro Islamic Liberation Front (MILF) guna menghentikan konflik berkepanjangan itu. 

Konflik tersebut telah mengakibatkan ribuan korban terpaksa mengungsi. 

Sebanyak 1,3 juta dollar dari dana tersebut akan diberikan kepada Mindanao Trust Fund. 

Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr menjelaskan dana ini merupakan bagian dari komitmen Australia akan perdamaian yang berkesinambungan di Mindanao. 

"Menambah dukungan untuk perdamaian di Mindanao adalah pernyataan konkrit Australia akan perhatian terhadap kawasan yang telah menderita sekian lama itu," ucapnya. 

Selain itu, $500 ribu juga akan diberikan pada World Bank dan Perserikatan Bangsa-Bangsa guna membantu Moro Islamic Liberation Front membangun kawasan baru bernama Bangsamoro, yang akan menggantikan Kawasan Otonom Muslim Mindanao (Autonomous Region Muslim Mindanao).

Menteri Pembangunan Internasional Melissa Parke menyatakan Australia berharap proses yang tengah berlangsung akan mengakhiri konflik.

"Perdamaian adalah syarat untuk mencapai pembangunan dan pengentasan kemiskinan yang begitu dibutuhkan di kawasan yang dilanda kemiskinan di Filipina ini," ucapnya.