ABC

Taman Anak Berteknologi Canggih Tawarkan Petualangan Seru!

Orang tua jaman sekarang banyak yang mengeluh betapa susahnya menjauhkan anak-anak mereka dari piranti teknologi seperti smartphone dan videogame, apalagi membujuk anak mereka bermain ke taman terbuka.

Namun taman bermain dengan teknologi canggih yang terletak di hutan kota “Western Sydney Parklands”, kota Sydney,mungkin mampu mematahkan anggapan orang-orang tua tersebut.

Taman bermain bernama “Plough and Harrow” ini memadukan teknologi dan kesenangan bermain yang bisa membuat anak-anak tertarik untuk mengeksplorasi alam di hutan kota ini.

Operator taman bermain, Josh French, mengatakan, tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk menciptakan suasana aman bagi anak-anak untuk mengeksplorasi alam hutan kota dan belajar mengenai tumbuhan dan binatang yang hidup di dalamnya.

“Bermain tak hanya soal berlari-larian keliling taman, tapi lebih sebuah kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pelajaran. Idenya adalah untuk menciptakan pengalaman bernuansa alam yang bisa membuat anak-anak bangkit dari sofa dan pergi ke taman bermain,” jelasnya.

Di taman ini, anak-anak menggunakan telepon seluler mereka untuk memindai kode-kode yang ada di sekitar taman untuk belajar mengenai karakteristik hutan.

Akibatnya, mereka menjadi semangat untuk mengeksplorasi tumbuhan dan tanaman yang hidup di dalam hutan.

Peralatan bermain yang ada di taman ini terinspirasi dari teknologi permainan dan komputer.

Desainer taman, Ric McConaghy, menjelaskan, permainan tercanggih dari taman bermain ini adalah pusat kebugaran digital yang bisa mengetes kecepatan serta ketangkasan anak-anak.

“Semua permainan benar-benar melibatkan anak-anak, member mereka kesempatan untuk mengeksplorasi dan menjelajah,” urai Ric.

Morgan, 11 tahun, memberi dua jempol pada taman bermain ini.

“Ini seperti main games di komputer,” ujarnya.

Roxy, 5 tahun, lebih lugas mengungkapkan alasannya.

“Saya suka taman ini karena saya suka memencet tombol,” katanya.