ABC

Asosiasi Mahasiswa Universitas Canberra tak Sanggup Lagi Kelola Akomodasi

Asosiasi Mahasiswa Universias Canberra di Australia mengaku tak sanggup lagi menyelenggarakan jasa penyediaan akomodasi bagi mahasiswa.

Saat ini, asosiasi yang disingkat UCSA itu, melayani lebih dari 200 mahasiswa di fasilitas akomodasi bernama Arscott House, yang terletak dekat kampus University of Canberra, tepatnya di daerah Belconnen.

Hari Rabu (12/3/2014), UCSA menerbitkan pernyataan resmi yang berbunyi bahwa asosiasi ini telah memutuskan perjanjian manajemen propertinya.

Minggu lalu, ABC melaporkan bahwa UCSA tengah mengalami kesulitan finansial karena baru-baru University of Canberra (UC) dan sebuah perusahaan swasta membuka fasilitas akomodasi baru dengan kapasitas 900 tempat tidur.

Menurut UCSA, saingan baru ini dan juga kewajiban membayar ratusan ribu dollar secara rutin ke universitas mengakibatkan kerugian. Usaha bernegosiasi untuk mencapai persetujuan dengan UC pun gagal. 

"Sangat disayangkan sejarah akomodasi yang dijalankan oleh mahasiswa berakhir sebelum waktunya," komentar presiden UCSA, Jacob White.

Untuk sementara, manajemen Arscott House akan diambil alih universitas.

"Kami bekerja secara produktif dengan universitas untuk memastikan transisi ini berjalan semulus mungkin, meminimalisir gangguan terhadap penghuninya, dan memastikan bahwa perubahan fisik di lokasi akan terjadi sesedikit mungkin," ucap White.