ABC

Orangutan Merokok di Kebun Binatang Jadi Sorotan Aktivis

Kebun Binatang di kota Bandung, Jawa Barat yang ramai dibicarakan karena memperlakukan binatang dengan tidak semestinya, kembali mendapat kecaman dari seorang aktivis dunia. Kecaman dikeluarkan setelah ada video yang memperlihatkan seekor orangutan merokok.

Dalam video yang diunggah aktivis bernama Marison Guciano, hari Senin (5/03), terlihat seorang pria melempar rokok yang sudah dihisapnya ke kandang orangutan.

Orangutan tersebut kemudian mengambilnya, lalu mulai menghisapnya yang membuat kerumunan pengunjung tertawa.

Marison mengatakan orangutan yang merokok menunjukkan bukti kurangnya pengawasan dan pendidikan di kebun binatang kota Bandung.

Menurutnya pria yang melemparkan rokok telah melakukan tindakan kejahatan, tetapi kebun binatang yang dikelola secara swasta tersebut bertanggung jawab sepenuhnya karena “tidak mau tahu soal pengawasan dan edukasi bagi pengunjungnya.”

Kebun Binatang Bandung sudah beberapa kali menjadi headline di sejumlah media internasional karena membiarkan hewan-hewan kelaparan dan sakit.

Sebuah petisi daring dari change.org telah menyebut kebun binatang ini sebagai sebuah kebun binatang mematikan dan menyerukan penutupan. Petisi tersebut sudah menerima hampir satu juta tanda tangan.

Di tahun 2016, kebun binatang Bandung ditutup sementara setelah seekor gajah Sumatera mati dengan luka-luka memar di sekujur tubuhnya.

Anda bisa menonton videonya disini.

Simak laporannya dalam bahasa Inggris disini.