ABC

Bangkai Ikan Hiu Tanpa Sirip, Resahkan Nelayan Australia Barat

Kelompok nelayan di Australia Barat geram dengan temuan bangkai ikan hiu besar yang siripnya sudah  terpotong.

Bangkai ikan hiu martil itu ditemukan di Quondong Beach, sekitar 43km di Utara Kota Broome pada akhir pekan ini. Sejumlah foto menunjukan kalau ikan hiu  itu kehilangan 3 buah sirip yang sepertinya sengaja dipotong.

Sementara itu maraknya kehadiran nelayan komersial yang berlayar memang untuk  tujuan menangkapi ikan hiu untuk sirip mereka, namun saat ini tidak ada undang-undang untuk mencegah nelayan rekreasi dari melakukannya.

Jeff Cooper dari Broome Fishing Club mengatakan meski menangkan ikan hiu bukan tindakan ilegal, namun itu tetap disukai oleh masyarakat nelayan setempat.

"Sebenarnya  menangkap ikan Hiu itu bukan kebiasaan pemancing rekreasional dan ini tentu bukan praktek rekreasi umum dan itu salah satu hal yang sangat disukai oleh masyarakat nelayan adalah rekreasi di Kimberley," ujarnya.

"Kami telah bekerja sangat keras untuk memastikan tersedianya kode etik melalui RecFishWest sebagai bagian dari Ilmu dan Strategi Konservasi dan kami tidak membenarkan sama sekali hal atau ada kegiatan seperti itu terjadi di Kimberley.”

Departemen Kelautan Australia Barat mengatakan insiden temuan bangkai ikan hiu tanpa sirip seperti ini sangat jarang terjadi.

Direktur Regional, Peter Godfrey mengatakan dia berharap hal itu  tidak akan terjadi.

"Sangat sedih membayangkan apakah Hiu itu masih hidup atau sudah mati ketika siripnya dipotong,” katanya.

“Ini adalah praktek yang tidak dibenarkan dan jika memang nelayan tidak memerlukan ikan hiu lebih baik mereka dikembalikan saja ke  laut hidup-hidup,” katanya.