ABC

PM Abbott Isyaratkan Potong Anggaran Kesehatan dan Pendidikan

Perdana Menteri Australia Tony Abbott telah mengisyaratkan bahwa ia ingin memangkas pertumbuhan anggaran kesehatan dan pendidikan untuk jangka panjang.

Hal itu dikemukakannya ketika berpidato di depan Australian-Canada Economic Leadership Forum di Melbourne.

Abbott berjanji ketika pemilu, ia tidak akan memotong anggaran kesehatan dan pendidikan secara keseluruhan.

Tapi dalam pidatonya itu, Abbot mengatakan, ia akan memangkas pertumbuhan pengeluaran supaya membantu menyeimbangkan anggaran.

"Kita akan menepati komitmen sebelum pemilu untuk mempertahankan anggaran kesehatan dan anggaran sekolah, tapi kita harus mengurangi laju pertumbuhan anggaran untuk jangka panjang, kalau ingin membayar hutang dan memiliki sekolah dan rumah sakit yang sustainable," katanya.

"Dengan APBN tahun ini, kita akan memulai proses untuk menghindari kemungkinan defisit 123-milyar dolar dan hutang kotor 667-milyar dolar yang kita warisi dari pemerintah terdahulu," kata PM Abbott.

Ditambahkan, "Seperti yang dijanjikan sebelum pemilu, dalam tiga tahun, Australia akan menuju ke suatu surplus yang sustainable."

Abbott menandaskan kembali rencana pemerintah untuk menghapuskan pajak karbon dan pajak pertambangan dan berfokus pada pembangunan infrastruktur.