ABC

Kejuaraan Tahunan Kelompok Nudis Pindah ke NSW

Untuk pertama kalinya setelah 60 tahun diselenggarakan di kawasan pantai di Noosa di negara bagian Queensland, pertemuan olahraga kaum nudis (mereka yang tidak mengenakan pakaian di alam bebas) diadakan pertama kalinya di Byron Bay di New South Wales hari Sabtu (7/10/2017).

Pembuat acara tersebut Cheryl Bridge mengatakan pertemuan tahunan tersebut merupakan hal yang penting dalam kegiatan kelompok naturist (yang artinya kelompok dekat dengan alam karena tidak ada batas dengan pakaian yang dikenakan).

“Ini menjadi ajang berkumpul sekali setahun, dimana kami bisa bersenda gurau, bergembira dan bertemu dengan teman-teman dari kelompok ini.” katanya.

Yang dipertandingkan dalam pertemuan itu adalah lomba yang seperti yang banyak dilakukan dalam kegiatan 17 Agustusan di Indonesia seperti lomba membawa telur dengan sendok, atau lomba lari karung dan sejenisnya.

People blowing orange whistles
Kelompok nudis mengusulkan penggunaan peluit bagi pengguna pantai agar lebih aman.

ABC North Coast: Samantha Turnbull

Tanda dan peluit untuk meningkatkan keamanan

Selain pertemuan dan bersenda gurau, Australian Naturist Federation, kelompok yang menaungi para nudis ini mengatakan pertemuan juga digunakan untuk membicarakan masalah yang terjadi dalam komunitas mereka.

Garis pantai di Bryon Bay antara Belongil dan Tyagarah sudah dinyatakan sebagai kawasan ‘clothing optional’ (memakai baju tidak diharuskan) oleh kota praja setempat sejak tahun 1998.

Namun warga setempat sudah menyerukan agar status tersebut dicabut menyusul adanya penyerangan seksual di kawasan tersebut baru-baru ini.

Chris Dobney yang merupakan salah seorang yang senang telanjang di luar ruangan itu mengatakan dia bisa mengerti alasan keamanan yang dikhawatirkan warga setempat.

Namun dia sudah memulai petisi untuk tetap mempertahankan status ‘memakai baju tidak diharuskan’ di kawasan tersebut.

"Saya ingin menekankan bahwa mereka yang melakukan serangan itu bukanlah naturis, mereka adalah yang datang ke sini karena ini tempat yang terpencil dan merasa bisa menyerang orang lain tanpa ada yang tahu." kata Dobney.

“Tidak ada tanda apapun di pantai ini, dan inilah salah satu pantai nudis yang pernah saya kunjungi dimana tidak ada tanda untuk memberi informasi dimana tempat yang aman untuk telanjang dan mana yang tidak aman.”

“Bila pantai ini diberi tanda yang jelas, saya kira situasinya akan lebih baik bagi perempuan dan para pengguna lainnya.”

Wayne Penn, salah seorang naturis lainnya mengusulkan penggunaan peluit bagi pengguna pantai untuk meningkatkan keamanan.

“Kita berbicara mengenai bagaimana meningkatkan keamanan, dan di tahun 1990-an, ada proyek penggunaan peluit yang sangat efektif bahwa bila anda merasa terancam, gunakan peluit, dan bila ada orang di sekitar anda juga menggunakan peluit, maka akan membuat pelaku takut.” katanya.

“Banyak teman perempuan saya datang ke pantai in. Mendengar cerita mengkhawatirkan dari mereka, membuat saya lebih bertekad untuk melakukan sesuatu.”

Yellow flags on beach
Bendera Australian Naturist Federation untuk menunjukkan mana daerah yang aman bagi kelompok nudis.

ABC North Coast: Samantha Turnbull

The Australian Naturist Federation juga menawarkan penggunaan bendera kuning untuk menandai wilayah pantai yang aman bagi para nudis.

“Yang ingin kami tunjukkan adalah bahwa Australian Naturist Federation adalah sebuah kelompok besar yang memiliki jaringan ke seluruh negara di dunia dan ada jutaan orang yang menggunakan fasilitas nudis ini,” kata presidennya Greg Serow.

"Kami adalah naturis, kami percaya dengan usaha menyelamatkan dunia, bersahabat dengan yang lain dan perduli dengan lingkungan."

“Kami tidak berhubungan dengan konsep apapun.”

“Dan untuk membuat daerah lebih aman bagi perempuan, kami akan mengusulkan adanya bendera di pantai, sehingga daerah itu aman, sampai kami tidak lagi diganggu oleh orang-orang ini.”

Serow mengatakan kepindahan dari Byron Bay dilakukan menyusul adanya perlakuan dari polisi Queensland terhadap para pengguna pantai yang telanjang dalam acara di Alexandria Bay, Noosa di tahun 2016.

“Polisi mulai menahan orang, hal yang aneh, karena tidak ada yang berusaha melukai yang lain.” kata Serow.

“Sekitar 800 orang hadir di Alexandria Bay dan polisi membuat keadaan jadi lebih sulit.”

Polisi mengukuhkan bahwa ada 11 orang yang ditahan di Alexandria Bay, yang dipandang sebagai pantai nudis namun ‘tidak resmi.”

Di akhir pekan kemiarin, tidak ada penahanan apapun di Byron Bay.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini