ABC

Gapura Komunitas Vietnam Pertama di Australia

Sebagai bagian dari kebudayaan multikultural di Australia, sebuah gapura telah didiirikan di kawasan Richmond, Melbourne yang berciri khas Vietnam, karena di kawasan tersebut banyak tinggal warga asal Vietnam.

Bila di tempat-tempat lain, kita sudah terbiasa menyaksikan gapura yang dibangun untuk menandai daerah Pecinan (China Town), maka gapura terbaru di Melbourne tersebut menandai bahwa masyarakat asal Vietnam juga menjadi wajah masyarakat multi budaya di Australia.

Ini adalah gapura pertama yang berciri Vietnam yang dibangun di Australia dan di Melbourne.

Gapura yang berlambang burung dan perahu ini didirikan hari Kamis (16/1/2014) menjelang Hari Raya Imlek dan Tet yang biasa dirayakan oleh masyarakat China dan Vietnam, yang akan jatuh pada hari Jumat (31/1/2014).

Gapura ini didesain oleh arsitek Australia Gregory Burgess, yang berisi kombinasi legenda masyarakat Vietnam mengenai naga, burung, dan juga sejarah perjalanan pengungsi Vietnam di tahun 1980-an yang menggunakan kapal untuk pindah ke Australia.

Di daerah Richmond, yang tidak jauh dari pusat kota Melbourne, masyarakat Vietnam pertama kali mulai menghuni daerah tersebut 30 tahun lalu, dan sekarang sepanjang jalan Victoria di kawasan tersebut dipenuhi dengan toko-toko dan restoran yang menjual makanan asal Vietnam.

Pembangunan gapura ini merupakan bagian dari proyek senilai Rp 30 miliar yang dibiayai pemerintah Federal, pemerintah lokal dan asosiasi masyarakat Vietnam guna mempromosikan daerah Richmond sebagai kawasan budaya berciri Vietnam.