ABC

Senjata Api Nazi Ditemukan di NSW Pas Razia

Seorang pria berusia 40 tahunan telah dikenai tuduha kepemilikan senjata terlarang setelah polisi di New South Wales (NSW) menemukan sebuah senjata api MP40, senapan yang banyak digunakan oleh tentara Nazi Jerman selama perang dunia kedua.

Polisi di kawasan NSW Central Coast mengatakan bahwa mereka menemukan senjata api tersebut, ketika pria ini mengendarai mobil Holden Commodore sekitar pukul 19:40 hari Minggu (18/6/2017) malam di The Entrance, sebuah kawasan yang berjarak 100 km dari Sydney.

Senjata api MP40 ini dibuat oleh Nazi Jerman dan banyak digunakan selama perang dunia kedua.

Polisi menyita sebuah tas besar yang berisi senjata, tempat menyimpan peluru dan sekitar 60 peluru aktif.

Menurut polisi, senapan tersebut masih baik kondisinya.

Shane Casey, kurator senior dari Museum Perang Australia mengatakan bahwa senjata ini banyak digunakan oleh tentara Jerman sebelumnya.

“Ini senjata yang mematikan, dan juga kemudian banyak dijadikan koleksi oleh tentara sekutu setelah prang selesai.” kata Casey.

“Pada awalnya senjata ini dibuat untuk digunakan oleh tentara yang bergerak dengan kendaraan atau pasukan para karena senjatanya tidak besar dan bisa dilipat.”

Menurut Casey, senjata ini memang banyak dijadikan koleksi.

“Siapa saja yang tertarik dengan sejarah militer Jerman atau Perang Dunia kedua akan mengenal senjata tersebut.” katanya.

Senjata tersebut sekarang akan diuji secara forensik, untuk mengecek apakah senjata tersebut pernah terlibat dalam insiden penembakan dan pemiliknya sendiri akan diajukan ke pengadilan lokal hari ini.

Diterjemahkan pukul 11:30 AEST 19/6/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini