ABC

Tentara Australia Hilang di New York

Sekitar 40 orang sukarelawan dan petugas kehutanan sedang mencari Kapten Paul McKay, seorang tentara Australia asal Canberra yang hilang di negara bagian New York, Amerika Serikat.

Mereka sudah melakukan pencarian selama satu setengah mingu dan memperkirakan McKay berada di hutan sekitar Danau Saranac.

Suhu udara di sekitar kawasan itu sekitar 7 derajat Celcius dan pihak berwenang mengatakan latihan militer yang pernah dijalani tentara berusia 31 tahun tersebut membuat dia masih mampu bertahan di alam bebas.

Dia membawa ransel besar dan polisi AS memperkirakan bahwa meskipun udara masih dingin, Paul McKay sedang menuju ke Danau Placid di bagian utara negara bagian New York.

Media lokal memberitakan bahwa Kapten McKay tiba di Amerika Serikat 29 Desember. Polisi sudah melihat dua rekaman CCTV, namun kemudian kehilangan jejak tentara tersebut.

Menurut keterangan, McKay yang pernah bertugas di Afghanistan tersebut menderita stress pasca trauma (post traumatic stress disorder)

Kepala polisi setempat, Bruce Nason mengatakan keluarga kapten McKay di Australia menerima email dari sang tentara di hari dia menghilang.

"Email yang dikirim ke ayahnya menyebutkan dia menyerahkan semua properti dan harta miliknya untuk ayahnya. Ada berbagai informasi lain yang tidak bisa kami sampaikan secara rinci namun memberi petunjuk bahwa dia tidak akan kembali lagi." kata Nason.

Polisi mengatakan para sukarelawan sudah dikerahkan dan mereka masih berharap bisa menemukan McKay dalam keadaan selamat.

"Kami mendapatkan telepon setiap hari dari masyarakat dengan informasi baru."

"Daerah hutan di tempat dimana dia terakhir kali terlihat sangat lebat, sehingga susah untuk dilewati." kata polisi.

Pihak berwenang mengatakan Kapten McKay mengunjungi Danau Saranac 30 Desember dan tinggal semalam di Best Western Inn sebelum keluar keesokan harinya.