ABC

12 Pematung Ramaikan Kejuaraan Patung Pasir Dunia di Sydney

Pematung pasir dari seluruh dunia tiba di Windsor di Sydney Barat untuk bersaing meraih gelar dalam kejuaraan dunia patung pasir.

Total 12 orang pematung akan bersaing dalam Kejuaraan Patung Pasir Hawkesbury International yang digelar setiap tahun. Para pematung pasir akan berlomba meraih gelar dan hadiah uang senilai AUD$5.000 atau Rp.50 juta.

Tema patung pasir tahun ini adalah ‘Dunia yang hilang’ dan pematung pasir Peter Redmond mengatakan banyak peserta yang memilih membuat patung terkait cerita zaman pra sejarah.

"Ada patung yang berbentuk dinosaurus dan binatang purba lain, beberapa karya bertema binatang purba nitu sangat menariki, " katanya.

Proses pembuatan patung dimulai sejak Boxing Day (27/12/2013)  dan berakhir Minggu (27/12/2013) saat patung-patung akan menjalani proses penjurian resmi.

Setiap pematung diberikan 20.000 kg pasir untuk membuat karya mereka. Pasir yang digunakan bukan pasir biasa yang umum dipakai membuat patung pasir.

"Pasir yang digunakan mengandung banyak lumpur sehingga mudah dibentuk,” katanya.

"Pasir itu kami padatkan sehingga akan memberikan kepadatan dan kemudian bisa dibentuk,” Redmond menjelaskan.

Menurutnya patung pasir mampu mempertahankan bentuknya karena pasir komposisi pasir yang khusus.

"Patung ini mampu bertahan jika tidak diterpa cuaca serius, patung-patung itu hampir menjadi batu pasir," katanya.

"Patung-patung itu bisa bertahan dalam kondisi normal.”

Patung-patung pasir yang dilombakan antara lain dinilai dari teknik kesulitan, meski demikian todak ada alat khusus yang digunakan untuk menciptakan detail di patung pasir.

Alat yang digunakan beragam mulai dari sekop kecil hingga alat-alat dokter gigi dan spatula silikon.

Redmond mengatakan kunci membuat patung pasir adalah masalah "belajar apa yang dapat Anda lakukan dengan pasir".

"Ini adalah keterampilan yang Anda pelajari, kemudian hanya pelu kreativitas saja," katanya.

Patung-patung pasir dalam kejuaraan ini akan dipamerkan ke publik mulai 30 Desember 2013 hingga 26 Januari 2014, saat patung yang terpilih sebagai favorit warga diumumkan.