ABC

Socceroos Berhasil Kalahkan Costa Rica 1-0

Timnas Sepakbola Australia, Socceroos, berhasil mengalahkan Costa Rica 1-0 hari Selasa (19/11/2013), namun kaptennya dikritik karena sempat memarahi penonton di tengah pertandingan.

 

Kapten Lucas Neill  tampaknya akan terus mempertahankan jabatannya hingga tahun depan, meskipun dengan insiden kemarahannya tersebut.

Di Stadion Sepakbola Sydney, Australia, tampaknya ada penonton dari sisi barat stadion yang meneriakkan sesuatu yang mengganggu Neill. Ia kemudian berbalik dan bertanya “Kenapa kamu mengejek?” lengkap dengan sisipan kata makian.

Namun, Ia menolak berkomentar soal ini saat ditanya oleh wartawan.

Komentator sepakbola Mark Bosnich mengatakan, apapun penyebabnya, reaksi Neill tersebut memberi kesan buruk.

Saya rasa seharusnya Ia tidak bereaksi seperti itu,” ucapnya pada Fox Sports.

“Orang datang dan membayar, seharusnya mereka boleh melakukan apapun, kecuali yang illegal. Namun mereka boleh saja meneriakkan apapun yang mereka mau, itu hak mereka.”

Pelatih Socceroos baru, Ange Postecoglou, memuji permainan Neill, yang sebenarnya telah diminta oleh beberapa kali untuk berhenti selama satu bulan terakhir.

“Kalau mau adil ke Lucas, Ia menangani ini dengan baik sekali – Saya sendiri mungkin sudah marah-marah lebih awal kalau saya jadi dia,” komentar Postecoglou.

Neill adalah kapten Socceroos yang paling lama menjabat. Ini adalah pertandingannya ke 61 yang Ia pimpin, mengalahkan Peter Wilson yang memimpin 60 permainan pada tahun 1970an.  

Gol kemenangan dicetak oleh Tim Cahill di menit ke 69.Dengan gol tersebut, Ia setara dengan Damian Mori, yang telah mencetak gol 29 kali untuk Socceroos.

Ini adalah pertandingan Socceroos pertama dengan pelatih Postecoglou.