ABC

Ikan Rakus Ini Ancam Stok Udang Sungai di Perth

Sejenis ikan ukuran kecil namun sangat rakus kini menjadi ancaman bagi upaya penyebaran stok udang di perairan sungai di Perth, Australia. Sekali makan, ikan rakus ini bisa menampung ratusan bibit udang di perutnya.

Kawasan sungai Swan dan Canning kini diupayakan untuk dipulihkan dengan menyebar bibit udang. Upaya ini dilakukan tim dari Murdoch University dengan tujuan menambah stok udang di kawasan itu.

Tim ini telah menelepas sedikitnya 4 juta bibit udang sejak tahun 2013.

Pakar kelautan Prof. Neil Loneragan timnya menemukan bahwa ikan rakus ini ternyata melahap hampir semua bibit udang yang telah ditebar selama ini.

Inilah jenis ikan kecil namun sangat rakus di perairan sungai di Perth. (Foto: Brian Poh)
Inilah jenis ikan kecil namun sangat rakus di perairan sungai di Perth. (Foto: Brian Poh)

"Kami temukan ikan kecil dengan mulut besar ini, memakan bibit udang," katanya.

Ikan dari jenis Ostorhinchus rueppellii ini merupakan hewan asli  di kawasan itu dan menyebar dari Darwin ke Albany, dan usai hidupnya hanya dua tahun.

Ikan jantan jenis ini menyimpan telurnya di mulut. Seorang peneliti menemukan sekitar 300 bibit udang di perut ikan yang ukuranya cuma 45 milimeter ini.

"Tadinya kami pikir ikan jenis lain yang jadi penyebabnya," ujar Prof. Loneragan.Sekali makan ikan rakus ini bisa menampung 300 bibit udang di perutnya. (Foto: Brian Poh)
Sekali makan ikan rakus ini bisa menampung 300 bibit udang di perutnya. (Foto: Brian Poh)

Tim peneliti mengidentifikasi sekitar 20 jenis ikan yang berpotensi sebagai penyebab tidak berhasilnya penyebaran bibit udang di kawasan itu.

Prof. Loneragan mengatakan, udang di kawasan sungai sangat rendah sejak tahun 1990an.

"Di tahun 1980an, kawasan ini menjadi tempat rekreasi yang didatangi ribuan orang untuk menangkap udang," jelasnya.

Tim ini kembali menyebarkan 400 ribu ekor bibit udang pekan lalu, namun lokasinya dipilih secara lebih teliti.

Dr James Tweedley yang terlibat dalam upaya ini menjelaskan lokasinya dipilih dengan pertimbangan bisa selamat dari ancaman ikan rakus.

Ukuran bibit udang ini hanya 3 milimeter saat disebar, dan pada Desember mendatang diharapkan sudah bisa berkembang biak.