ABC

Mulai Tahun Depan Pengguna Sepeda di NSW Wajib Pakai Kartu Identitas

Kelompok advokasi para pengguna sepeda di New South Wales menolak aturan baru yang mewajibkan pengguna sepeda dewasa wajin menggunakan kartu identitas yang dilengkapi foto mulai Maret 2016 mendatang. Aturan ini diyakin hanya akan menjadikan NSW sebagai bahan cemoohan dunia.

Perubahan aturan ini diumumkan Menteri Jalan NSW, Duncan Gay sebagai bagian dari upaya melacak pengguna sepeda yang melanggar aturan lalu lintas di negara bagian NSW.
 
Mulai Maret 2016 mendatang, pengendara sepeda yang tidak menggunakan kartu identitas akan mendapat sanksi denda sebesar $106. 
 
Sedangkan jika bersepeda tanpa menggunakan helm atau berpegangan pada kendaraan lain akan mendapat denda $319.  Dan bagi pengguna sepeda yang menerobos lampu merah akan didenda sebesar $425 . 
 
Gay mengatakan dengan membawa kartu identitas akan lebih memudahkan identifikasi pengendara sepeda jika terjadi kecelakaan atau jika mereka melanggar aturan lalu lintas.
 
Tapi ketua kelompok advokasi Jaringan Sepeda NSW, Craig Richards menghujat keputusan itu dan mengklaim kalau NSW akan menjadi bahan tertawaa dunia lantaran aturan tersebut.
 
"Mengendarai sepeda merupakan bentuk kebebasan dan kesetaraan, mengapa aturan semacam ini tidak diterapkan juga kepada pejala kaki, pengguna skateboard, peselencar dan lain-lain..tidak ada kan? Kata Richards.
 
"Padahal sudah ada aturan yang sangat bagus dalam sistem kita untuk mereka yang melanggar aturan lalu lintas. Tapi hanya karena mereka memiliki kartu identitas di dompetnya, apakah itu berarti mereka akan lebih mudah diidentifikasi,”
 
"Jika seseorang melakukan pelanggaran pada suatu kesempatan maka polisi bisa menjemputnya dan mereka harus menanggung konsekwensinya.”
 
Tapi membawa kartu identitas saya tidak bisa melihat korelasinya bagaimana hal itu bisa membantu menyelesaikan masalah ini,” katanya.
 
Direktur Pusat  Keselamatan Transportasi Darat,  New South Wales, Bernard Carlton mengatakan kewajiban pesepada menggunakan identitas sebagai langkah keamanan yang penting.
 
"Saat ini terjadi perubahan besar di kalangan pengguna sepeda dan saat ini kita menjumpai semakin banyak saja warga yang bepergian dengan menggunakan sepeda di jalanan baik untuk tujuan rekreasi maupun kesehatan,’ katanya.
 
"Di New South Wales diperkirakan 11 pengguna sepeda tewas setiap tahunnya karena mengalami kecelakaan dan sekitar 1500 pengguna sepeda yang mengaku terpaksa dilarikan ke rumah sakit setiap tahunnya karena mengalami luka serius,”
 
Carlton mengatakan pada pengguna sepeda ini akan dihentikan dan diminta menunjukan kartu identitas jika diduga melanggar aturan oleh polisi.
 
Selama 12 bulan pertama sejak aturan ini resmi diberlakukan, para pengguna sepeda masih diminta secara suka rela untuk membawa kartu identitas dan tidak akan dikenakan sanksi hukum.
 
Direktur Sepeda NSW menyambut positif aturan baru ini, namun ia mengingatkan pada akhirnya para pengguna sepeda akan memiliki kebutuhan untuk diperlakukan secara adil dalam hal rancangan jalan.
 
"Yang diperlukan di NSW adalah investasi yang lebih kuat dan komitmen untuk menyediakan infrastruktur yang aman bagi pengguna sepeda.”
 
“Misalnya mulai dari rute jalan utama dan juga lampu merah yang lebih layak yang dapat mengenali atau memindai pengguna sepeda yang melintas,”
 
"Kami meyakini mayoritas pengguna sepeda di NSW mematuhi aturan dan para pengguna sepeda berharap dapat berbagi jalan dengan aman,”
 
Pemerintah ACT menolak memberlakukan aturan yang sama bagi pengguna sepeda di wilayahnya. Namun mereka telah menerbitkan peringatan bagi warganya untuk mematuhi aturan terkait kewajiban penggunaan identitas ketika bersepeda di NSW.