ABC

Kado Natal Istimewa Bayi Badak Putih Lahir di Kebun Binatang Taronga Sydney

Pegawai Kebun Binatang Taronga Western Plains di Dubbo, Sydney mendapat kado Natal istimewa tahun ini dengan lahirnya bayi badak putih di kebun binatang mereka. Satwa baru ini siap dipamerkan pada musim liburan tahun ini.

Anak badak berjenis kelamin betina ini diberi nama Kamari, Ia lahir pada hari Sabtu lalu dari induknya yang bernama Mopani.

Nama Kamari memiliki arti 'moonlight' atau cahaya bulan dalam Bahasa Swahili dan menjadi simbol dari kelahiran anak badak ini yang lahir pada dini hari.

Direktur Kebun Binatang Tarongan Western Plains, Matt Fuller mengatakan anak badak ini merupakan bayi badak ketiga yang lahir di kebun binatang merka pada tahun ini.

"Ini merupakan prestasi yang sangat fenomenal, kami memiliki badak hitam yang lahir juga di kebun binatang kami pada April lalu," katanya.

"Dan bayi badak cula satu pertama yang pernah tercatat di Australia lahir di kebun binatang kami juga pada Oktober tahun lalu dan sekarang prestasi ini dilengkapi dengan kelahiran bayi badak putih ini,:

"Kelahirannya menjadi hadian Natal Putih untuk kami," kata Fuller bahagia.

Fuller  juga mengatakan kebun binatanganya telah menjadi sejajar dengan fasilitas konservasi satwa Badak.

"Kami memiliki serangkaian kelahiran badan selama lebih dari 20 tahun terakhir, dimulai dengan program pemeliharaan badak yang dilakukan sejak periode awal kebun binatang ini didirikan," katanya.

"Kemudian pada tahun 90-an kami juga mengembangkan program konservasi badak dan pada tahun 2000-an kami memperluasnya dengan melakukan program konservasi badak cula satu India.

"Kami mengirim staf kami ke Afrika, benua Asia untuk bekerja dengan badak dan mengikuti riset mengenai satwa badak dialam liar. dan kegiatan itu memberikan kontribusi yang sangat bagus bahkan melampaui target yang kita cita-citakan di NSW."