ABC

Diujicoba, larangan merokok di pusat Kota Melbourne

Pemerintah Kota Melbourne mulai mengujicoba penerapan larangan merokok di tempat-tempat terbuka di pusat kota, yang populer dengan sebutan The Causeway.

Selama berlakunya larangan tersebut, petugas pemerintah kota akan memeriksa apakah larangan itu berdampak pada usaha bisnis terutama cafe-cafe, yang beroperasi di daerah antara Bourke Street Mall dan Little Collins Street.

Menurut anggota Dewan Kota Melbourne, Richard Foster, ujicoba ini merupakan masukan dari Asosiasi Dokter Australia. Komite Masa Depan Melbourne, salah satu badan pemerintah kota, secara bulat mendukung usulan itu.

Richard Foster mengatakan ia yakin akan ada perubahan positif bagi daerah tersebut. "Pemerintah kota sangat memperhatikan kesehatan warganya, termasuk kesehatan para pengunjung ke Melbourne," katanya.

Menurut dia, ujicoba ini akan dijalankan dengan menyediakan tempat yang lebih nyaman, sehat dan aman untuk dikunjungi. "Itu berarti memberi mereka rasa aman dari apa yang disebut perokok pasif," jelas Foster.

Selama masa ujicoba, bagi para pelanggar larangan akan dikenakan denda. Ujicoba larangan merokok ini akan berlangsung sampai bulan Maret 2014.