ABC

Penjaga rutan di Sydney gunakan ecstasy saat bertugas

Badan pengawas korupsi di negara bagian New South Wales, Australia mendapati seorang penjaga rumah tahanan di Sydney bekerja di bawah pengaruh obat ecstasy dan mengedarkan steroid bagi seorang rekan kerjanya serta seorang mantan tahanan.

The Independent Commission Against Corruption (ICAC) menyatakan bahwa Robert Di-Bona bekerja selama dua shift di rumah tahanan Long Bay di bawah pengaruh ecstasy.

Dalam salah satu shift tersebut, Di-Bona menyandang senjata karena tengah bertugas di menara tahanan.

ICAC juga mendapati bahwa Ia menyediakan steroid bagi rekan kerjanya Christopher Warren dan bagi seorang mantan tahanan, yang berinisial NL.

Selain itu, komisi juga melaporkan Di-Bona beberapa kali menggunakan ponsel saat bertugas di rumah tahanan. Tindakan tersebut melanggar hukum.

Menurut ICAC, bukti-bukti mengenai pelanggaran-pelanggaran tersebut didapatkan dari alat-alat pengawasan elektronik dan sejumlah pemeriksaan wajib.

Karena bukti-bukti tersebut telah menetapkan bahwa Di-Bona telah bertindak korup, tidak perlu diadakan pengadilan untuk umum.

ICAC menyarankan Direktur Penuntutan Publik mempertimbangkan agar Di-Bona dituntut melakukan enam pelanggaran berbohong pada ICAC dan agar Ia dipecat oleh Corrective Services NSW, yang merupakan lembaga pelayanan pemasyarakatan di New South Wales.

Selain itu, ICAC juga menyarankan Warren, rekan Di-Bona yang mengkonsumsi steroid, ditindak.

“Keduanya melakukan tindakan korup karena tidak melaporkan penggunaan steroid satu sama lain sesuai dengan kewajiban penyingkapan,” jelas ICAC.