ABC

Australia Negara Paling Banyak Rumah Warga Dipasangi Panel Surya di Dunia

Australia menempati urutan pertama negara di dunia yang paling tinggi tingkat pemasangan panel surya dirumah-rumah warganya. Peringkat ini dirilis oleh Asosiasi Pemasok Energi di Australia.

Laporan yang dirilis oleh Asosiasi Pemasok Energi di Australia ini menunjukan sekitar 15% rumah di Australia telah memasang panel energi surya di atap rumah mereka.
 
"Australia sudah pasti memimpin didunia dalam hal pemasangan panel surya diatas rumah," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pemasok Energi Australia, Matthew Warren.
 
"Negara yang posisinya menyusul dibawah Australia adalah Beligia dengan sekitar 7% dan kebanyakan negara-negara lain saat ini masih dibawah satu digit jumlah pemasangan panel energi suryanya. Jadi Australia masih boleh menyebut diri sebagai negara yang mempelopori percobaan pemasangan panel energi surya diatap rumah dan dunia menyaksikannya," katanya.
 
Rata-rata pemasangan panel energi surya tertinggi tercatat di kawasan Australia Selatan dan Queensland,  dan sebagian di Brisbane dan Adelaide, dan lebih dari setengah rumah di Australia juga memiliki panel energi matahari.
 
Warren menyebut terlebih lagi saat ini ada skema yang lebih baik di masing-masing negara bagian tersebut.
 
"Australia Selatan memiliki 25% pemasangan panel surya, dan ini merupakan angka tertinggi di dunia. Sementara Brisbane hanya teringgal jauh dibelakang menjadi hanya 23 persen saja baru kemudian disusul Perth dan Australia Barat,: katanya.
 
Namun laporan ini mendapati ada tingkat pemasangan panel surya yang lebih rendah di pinggiran sejumlah kota yang terbilang makmur.
 
"Pemasangan panel surya ini sangat populer dikalangan pensiunan," kata Warren.
 
"Dan jauh lebih lebih populer pada konsumen KPR yang mungkin lebih sadar terhadap harga.
 
"Namun pemasangan panel surya ini belum menjadi trendi dikalangan suburban dalam kota. Tidak ada ruang yang cukup dibagian atap rumah dan ada lebih banyak penyewa ketimbang pemilik pribadi rumah-rumah disana,  namun pada dasarnya pemasangan panel surya memang belum terlalu digemari di kelompok masyarakat di kawasan ini asja,'
 
Laporan ini menunjukan jika warga Australia sangat antuasias memasang panel surya untuk proyek skala kecil seperti di rumah mereka sendiri, namun laporan ini menunjukan kalau proyek skala besar tidak terlalu antusias memasang panel surya ketimbang negara lain.
 
"Ini memang salah satu hal yang janggal, yang kita lihat di sini adalah percobaan yang disengaja baik dalam cara kita menyebarkan kebijakan dan apa yang terjadi."
 
"Nyaris tidak ada sama sekali proyek utilitas surya di Australia, sedangkan di negara-negara seperti Jerman dan Amerika Serikat justru sangat mendominasi dan ini terkait dengan rancangan target energi terbarukan kita."
 
Asosiasi Pemasok Energi Australia mengatakan jumlah yang relatif rendah dari utilitas proyek surya membuat Australia hanya mampu menempati peringkat keenam di dunia untuk jumlah instalasi surya per kapita.