ABC

Warga China Terdakwa Pembunuhan Nenek dan Bocah 4 Tahun di Melbourne

Seorang wanita yang dituduh membunuh seorang bocah berusia empat tahun dan neneknya di Melbourne adalah warga asal China.

Cai Xia Liao, 45, juga dituduh mengikat kaki dan mulut mantan pacarnya Brian Mach di rumahnya di Albanvale, sekitar 15 km dari pusat kota Melbourne, sebelum kemudian menusuk cucunya Alistair Mach di kepala dan leher saat bocah tersebut terbaring di tempat tidur.

Dia juga dituduh menunggu di rumah tersebut selama 10 jam, sebelum nenek Alistair Mai Mach (60 tahun) pulang kerja, sebelum menyerang dan membunuhnya di kebun belakang menggunakan skop.

Liao dibawa ke pengadilan hari Rabu (1/4/2015) dimana dia menangis dengan keras di kursi terdakwa, dengan anggota keluarga korban duduk hanya beberapa meter darinya.

Cai Xia Liao, 45, dituduh menyerang kedua korbannya dengan alat berkebun.  (ABC News)

Pengacaranya Sarah Pratt menjelaskan kepada pengadilan bahwa Liao berniat bunuh diri dan ini merupakan penahanan yang pertama.

Liao, yang mengunjungi Australia menggunakan visa turis, dikenai tuduhan melakukan dua pembunuhan, dan satu tuduhan secara sengaja mengakibatkan cedera dan memenjarakan seseorang.

Menurut Detektif Senior Tony Harwood, Liao sudah menjalani hubungan dengan Mach (61 tahun) namun pria ini menghentikan hubungan tersebut baru-baru ini.

Polisi mengatakan Liao muncul di rumah Mach hari Selasa pukul 6 pagi, di saat dia sedang mengasuh cucunya Alistair dan istrinya sedang bekerja, sebelum kemudian  mereka terlibat pertengkaran.

ABC/AAP