ABC

Australia Diundang Ikut Eurovision 2015 di Austria

Australia telah diundang untuk ikut ambil bagian dalam Eurovision 2015 yang akan dilangsungkan di ibukota Austria bulan Mei mendatang.

Undangan ini hanya berlaku sekali saja, karena memang Eurovision hanya diperuntukkan bagi negara-negara Eropa.

Eurovision adalah lomba nyanyi tahunan yang menampilkan artis dari seluruh negara Eropa dengan pemenang ditentukan dari mereka yang menonton di seluruh Eropa.

Pemenang tahun sebelumnya kemudian akan menjadi tuan rumah tahun berikutnya. Di tahun 2014, pemenang Eurovision adalah artis transgender Austria Conchita Wurst.

Dalam lomba di Denmark di tahun 2014 tersebut, artis Ausralia Jessica Mauboy tampil sebagai bintang tamu.

Karena itulah European Broadcasting Union dan jaringan televisi Austria ORF mengundang SBS, stasiun yang menyiarkan Eurovision setiap tahun di Australia untuk mengirimkan peserta.

Kelompok boy band JTR.

Menurut situs  Eurovison, Australia akan diundang sebagai peserta 'wild card' untuk langsung masuk ke babak final.

Dengan masuknya Australia, daftar peserta Eurovision tahun ini akan mencapai 40.

Dengan masuknya Australia sebagai peserta resmi, maka warga Australia akan bisa juga ikut memberikan penilaian untuk pertama kalinya.

Menurut SBS, mereka yang akan mewakili Australia akan segera diseleksi dan diumumkan.

Tahun 2015 adalah perayaan Eurovision ke-60 dan setiap tahunnya kompetisi yang disiarkan langsung ke Eropa dan berbagai belahan dunia ini ditonton oleh ratusan juta orang.

Eurovision sudah menjadi panggung bagi banyak artis yang kemudian dikenal luas di dunia, yang paling terkenal adalah kelompok musik asal Swedia ABBA yang menang di tahun 1974 dengan lagu Waterloo.

Sementara itu, sebuah kelompok boy band dari Logan, Australia, sedang berusaha untuk tampil di ajang Eurovision tahun ini dengan mewakili Swedia.

Band JTR (singkatan dari John, Tom, Robin) yang muncul dalam program The X-Factor Australia tahun 2013, kini tinggal di Stockholm, Swedia.

Ketiga bersaudara ini memang berasal dari Swedia, dan pindah ke Australia setelah ibu mereka menikah lagi. Namun saat ini mereka telah kembali ke Swedia, dan mengikuti kompetisi Heat 4 yang pemenangnya akan mewakili negara itu ke Eurovision.