ABC

Piala Asia 2015: Bocah Brisbane, Kunci Kemenangan Tim China

Seorang murid sekolah sepak bola dari Brisbane telah menjadi kunci keberuntungan bagi tim Piala Asia 2015 dari China.

Stephen White sedang bertugas sebagai pengambil bola ketika ia memberi kiper China sebuah tips, yang pada akhirnya membuat mereka memenangkan pertandingan.

Ketika bocah berusia 12 tahun ini sedang bertugas di pertandingan pembukaan China pada akhir pekan llau, ia sangat senang saat dimintai sang kiper beberapa saran, dari pinggir lapangan.

Bocah asal Brisbane menjadi kunci keberuntungan bagi tim China di pertandingan perdana Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi.

Dengan skor 0-0, lawan China dalam pertandingan itu, yakni Arab Saudi, diberi hadiah penalti.

Saat kiper China sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tendangan penalti, ia berbalik dan bertanya kepada Stephen arah mana yang tepat untuk menghalau bola.

"Ia membalikkan badan dan kemudian ia memegang gawang dan berkata 'kiri atau kanan', dan saya menjawab 'maaf', lalu ia bilang lagi 'kiri atau kanan’ dan saya jawab ‘kiri '," ujar Stephen.

Sang kipper-pun menuruti nasehat Stephen, dan berhasil menyelamatkan tendangan penalti Arab Saudi. China kemudian memenangkan pertandingan dengan skor 1-0.

Tips kemenangan itu telah membuat Stephen menjadi kunci keberuntungan bagi tim China.

Ibu Stephen, Suzie White, menyaksikan seluruh adegan Stephen dengan sang kiper.

"Setelah pertandingan, kipper itu datang dan memeluk Stephen, menjabat tangannya," tuturnya.

Suzie menungkapkan, "Saya melihat semua itu dan tak sampai pertandingan usai ketika kami berjalan kembali ke tempat parkir, ada salah satu anak laki-laki berkata 'kamu mendengar rumor itu?’ dan Stephen-pun menjawab 'ya, itu adalah aku'."

Sebagai penghargaan atas usahanya, Stephen diundang untuk menghadiri sesi latihan tim China di Brisbane.