ABC

Freddy Pattiselanno Meneliti Perburuan di Papua

Dalam Pekan Sains Nasional di Australia, kali ini ABC menampilkan Freddy Pattiselanno, kandidat doktor asal Papua di Universitas James Cook, Townsville (Queensland) yang meneliti perburuan kehidupan liar di Papua.

Siapa anda dan dari mana anda berasal ?

Nama saya Freddy Pattiselanno dari Papua Barat. Saya adalah dosen di Universitas Negeri Papua (UNIPA)  sekarang sedang menyelesaikan pendidikan doktoral di James Cook University di Townsville (Queensland)

Apa yang sedang anda teliti sekarang ini, dan bidang apa yang anda pelajari ?

Saya sedang belajar Ekologi Tropis dan memfokuskan penelitian pada perburuan kehidupan liar, untuk  melihat kontribusi praktek semacam ini bagi masyarakat asli setempat dan juga dampaknya pada keanekaragaman hayati.

Apa yang menarik dari penelitian di bidang ini?

Saya banyak melakukan perjalanan di sepanjang pesisir Papua, baik berjalan kaki atau naik perahu untuk bertemu dengan para peburu asli ini. Saya juga menemani mereka ke tempat perburuan guna melihat sendiri lokasinya, yang kadang jauh dari desa mereka dan juga mencatat apa yang mereka dapatkan.

Freddy Pattiselanno (kanan) berbicara dengan para peburu kehiduipan liar di Papua. (Photo: koleksi pribadi)

Apa manfaat penelitian yang anda lakukan ini?

Untuk kehidupan penduduk lokal, studi ini akan memberikan informasi mengenai berbagai sumber kehidupan bagi masyarakat di Semenanjung Kepala Burung di Papua Barat. Dalam bidang informasi sains, penelitian ini akan menambah kekayaan pengetahuan perburuan yang sudah ada misalnya di Afrika, Amerika Latin, Asia khususnya Indonesia dan juga negeri tetangga Papua Nugini, yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya. Penelitian ini akan memberikan kontribusi besar bagi pemerintah lokal dalam membuat keputusan mengenai pembangunan penduduk lokal dan pelestarian keanekaragaman hayati di Papua Barat.

Mengapa anda memilih melanjutkan pendidikan di Australia ?

Sistem pendidikan tinggi di Australia sudah dikenal reputasinya dalam membantu para mahasiswa dengan menyediakan para  pakar yang relevan di bidang yang mereka tekuni. Dalam soal fasilitas dan jaringan, universitas di Australia sudah dikenal baik dan secara internasional mendapat pujian atas prestasi akademik para lulusannya.

Apa saran anda bagi mereka yang ingin mengejar karir atau meneliti di bidang sains ?

Mendapat kesempatan untuk mencapai gelar akademis di bidang sains tidak saja memberi manfaat bagi generasi muda dalam soal karir dan pekerjaan, namun juga memberi kesempatan guna membangun jaringan di dunia yang semakin global. Pengalaman dan kerja keras yang anda lakukan selama belajar akan memberi  banyak pengetahuan dalam mengejar karir dan bersaing di masa depan. Dan dengan dunia sains berkembang begitu cepat sekarang ini, kita juga bisa memberikan sumbangan penting.