Mengenal Maskot Piala Dunia U-20 2023, Apa Kata Menpora dan Ketum PSSI?

Maskot Piala Dunia U-20 2023, Bacuya atau Badan Cula Cahaya diluncurkan di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022).
Maskot Piala Dunia U-20 2023, Bacuya atau Badan Cula Cahaya diluncurkan di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022). Sumber Foto: Kemenpora.go.id

BINUS.TV – Maskot Piala Dunia U-20 2023 telah diluncurkan di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Nama Maskot Piala Dunia U-20 2023 adalah Bacuya, akronim atau singkatan Badak Cula Cahaya. Badak bercula ini mengacu pada nama hewan asli Indonesia. Bacuya atau Badak Cula Cahaya, katanya, melambangkan kekuatan.

Acara peluncuruan Maskot Piala Dunia U-20 2023 dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam peluncuran Maskot U-20 2023, Bacuya tampil mengenakan jersey tim nasional sepak bola Indonesia berwarna merah putih. Bacuya diharap berperan penting dalam mengajak masyarakat untuk datang ke stadion melihat para pesepak bola muda berkompetisi.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, Bacuya adalah badak bercula jawa, atau yang lebih populer dengan badak jawa. Badak bercula disebutnya adalah hewan khas Indonesia.

“Maskotnya masih nuansa Indonesia. Badak bercula adalah hewan khas Indonesia. Logonya juga sudah Indonesia banget. Kita doakan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia bisa terlaksana dengan sukses, lancar, aman, dan terkendali,” jelas Iriwan.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia sebagai tuan rumah bisa memanfaatkan peluang dengan sebaik mungkin untuk meraih prestasi.

“Kita bersyukur pada tahun depan Indonesia mendapatkan kepercayaan dari FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Pentingnya buat kita sebagai tuan rumah untuk memberikan kepercayaan kepada dunia bahwa Indonesia mampu untuk melaksanakamnya,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali menegaskan, pemerintah terus berupaya untuk menyiapkan dukungan yang dibutuhkan FIFA demi kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Menpora Amali ingin negara peserta yang datang ke Indonesia mendapatkan kesan yang baik.

“Kita akan melakukan dengan sebaik-baiknya dalam event ini. Pemerintah ingin negara-negara peserta yang datang ke Indonesia nantinya mendapatkan kesan yang baik supaya bisa menjadi kenangan buat mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menpora Amali berharap Indonesia bisa sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

“Kalau kita sukses dalam kegiatan ini, kita harap FIFA bisa kembali mempercayai Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan sepak bola dunia di Indonesia dimasa yang akan datang,” katanya.**

Sumber: kemenpora.go.id

Editor: Mouse