Fakta Menarik “How To Make Millions Before Grandma Dies,” Film yang Sukses Mencuri Hati Warganet

Smart Viewers, industri perfilman Thailand memang kian berkembang dan kerap menjadi film yang dinantikan oleh para pecinta fillm. Jika biasanya film Thailand memiliki tipikal film dengan genre horor atau mengisahkan cerita romansa remaja, pada tahun 2024 ini, Thailand menyuguhkan film drama keluarga yang bertajuk “How To Make Millions Before Grandma Dies atau dengan judul lokalnya, yaitu “Lahn Mah.” Yups! Film ini memang belakangan menjadi perbincangan publik di berbagai platform media sosial.

Film yang resmi dirilis pada tanggal 15 Mei 2024 ini sukses meraup begitu banyak perhatian warganet. Pasalnya, masyarakat beramai-ramai  untuk menyaksikan film ini. Film yang diproduksi oleh GDH 559 yang merupakan karya Pat Boonnitipat  banyak mendapat ulasan positif yang mampu menyentuh hati para penontonnya. Daripada penasaran, di bawah ini BINUS TV akan sampaikan terlebih dahulu sinopsis dari film “How To Make Millions Before Grandma Dies” ya, Smart Viewers!

Sinopsis “How To Make Millions Before Grandma Dies

Sesuai dengan judulnya, film “How To Make Millions Before Grandma Dies” mengisahkan tentang seorang cucu yang sedang berusaha merawat sang nenek di saat-saat terakhirnya. Sang cucu yang bernama M (Billkin Putthipong) mendapat kabar bahwa sang nenek, Meng Ju (Taew Usa) mengidap kanker. Mendengar kabar tersebut, M memutuskan untuk merawat sang nenek. Namun, bukan karena rasa sayangnya terhadap sang nenek, M memilih untuk merawat sang nenek karena ingin mendapatkan warisan yang lebih banyak dibandingkan anggota keluarga lain.

Ide ini muncul dari kerabatnya, Mui (Tontawan Tantivejakul) yang berhasil mendapat warisan yang melimpah usai neneknya meninggal. Tergiur dengan kehidupan mewah yang diraih oleh Mui, akhirnya M memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya dan pergi ke desa untuk menemani nenek.

Hari-hari M bersama sang nenekpun banyak diwarnai dengan kegiatan yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Dalam waktu yang dihabiskan bersama sang nenek, M yang semula merawat nenek atas dasar warisan, perlahan menikmati waktu bersama sang nenek dan menyadari bahwa ada hal yang lebih penting dibanding warisan. Kasih sayang sang nenek akhirnya mampu membuat M meemiliki perasaan yang tulus untuk membahagiakan sang nenek.

Namun akankah M berhasil mendapatkan warisan dari sang nenek? Daripada semakin penasaran, di bawah ini BINUS TV akan menjabarkan fakta-fakta menarik dari film “How To Make Millions Before Grandma Dies.” Simak informasinya di bawah ini ya, Smart Viewers!

Fakta-fakta Menarik “How To Make Millions Before Grandma Dies

1. Digarap oleh Sutradara Serial Hits, “Bad Genius

Jika kamu pernah mendengar salah satu serial Thailand  berjudul “Bad Genius” pada tahun 2020 lalu, Pat Boonnitipat yang menyutradarai serial tersebut ternyata juga men-direct film “How To Make Millions Before Grandma Dies.” Seperti mengulang kesuksesannya pada serial “Bad Genius,” Pat Boonnitipat berhasil membuat “How To Make Millions Before Grandma Dies” melambung di industri perfilman. Fakta lainnya adalah bahwa “How To Make Millions Before Grandma Dies” menjadi film feature directorial debut  Pat Boonnitipat dan berhasil menyentuh hati para penontonnya.

Sebelum menggarap serial “Bad Genius,” Pat Boonnitipat juga terlibat dalam serial Thailand lainnya, seperti “Hormones” sebagai Cinematografer pada tahun 2013. Selanjutnya ia menyutradarai berbagai serial lainnya, yaitu “Diary of Tootsies” (2016), “Project S the Series” (2017), dan “Bad Genius” (2020).

2. Berhasil Mengalahkan “Exhuma” dipuncak Box Office

Dalam pekan pertama penayangannya, “How To Make Millions Before Grandma Dies” berhasil menduduki puncaknya di Box Office Thailand. Tak hanya itu, dikutip dari Nation Thailand, film ini bahkan berhasil menggeser kepopuleran dari film “Exhuma” dan “Godzilla X Kong: The New Empire.” Tak hanya menembus Box Office lokal, film “How To Make Millions Before Grandma Dies” juga menjadi film yang direkomendasikan dari berbagai negara.

3. Menyumbang 43 persen Pendapatan Bioskop Lokal

Karena kepopulerannya, “How To Make Millions Before Grandma Dies” menjadi film yang berhasil menyumbang pendapatan yang besar bagi bioskop lokal. Menurut ScreenDaily, film ini menymbang hingga 43 persen bagi pendapatan bioskop lokal di Bangkok dan Chiangmai. Hal ini tentunya sangat berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian bioskop lokal.

4. Meraup Rp 41,3 Miliar

Dari perilisan “How To Make Millions Before Grandma Dies,ScreenDaily juga mengutip bahwa Rumah Produksi GDH 559 meraup keuntungan kotornya sebesar 2,6 juta dolar AS atau setara dengan Rp 41,3 Miliar. Hal ini tercatatat sejak empat pekan penayangannya. Hal inipun resmi membuat “How To Make Millions Before Grandma Dies” menjadi salah satu film Thailand tersukses di tahun 2024.

5. Ajang Debut Para Aktor Thailand

Perilisan film “How To Make Millions Before Grandma Dies” menjadi momentum penting bagi beberapa pemainnya. Hal ini karena film ini menjadi debut bagi pemeran utamanya, yaitu Billkin Putthipong. Tak hanya Putthipong, “How To Make Millions Before Grandma Dies” juga menjadi debut layar lebar pertama bagi Tontawan Tantivejakul yang berperan sebagai Mui. Pemeran nenek, Taew Usa Samekham seorang aktris berusia 76 tahun, juga melakukan debut aktingnya dalam film ini. Meski sudah tak asing di industri layar kaca, namun para Aktor dan Aktris ini memiliki pengalaman pertama di layar lebar lewat film How To Make Millions Before Grandma Dies.

6. GDH 559 Rumah Produksi Baru

“How To Make Millions Before Grandma Dies” yang sukses menjadi debut bagi para aktor dan Aktris Thailand, ternyata dinaungi oleh Rumah Produksi GDH 559 yang belum genap berdiri selama satu dekade. Hal ini merupakan pencapain, mengingat GDH 559 terbilang cukup baru dalam memproduksi film dan serial. Walaupun Rumah Produksi ini masih beum lama berdiri, namun GDH 559 berhasil menciptakan berbagai film dan serial yang mampu mendapatkan penghargaan dalam kancah Internasional.

7. Memiliki Sentuhan Drama Komedi

Belum afdol rasanya jika film Thailand tidak dibumbui oleh hal-hal yang berbau komedi. Karena, selain memiliki alur yang mengharukan, film “How To Make Millions Before Grandma Dies” juga diwarnai berbagai hal-hal lucu dan menyenangkan. Berbagai bumbu-bumbu komedi dijamin akan menghibur para penontonnya.

8. Berbalut Budaya Tionghoa

Selain memiliki alur cerita yang menarik, “How To Make Millions Before Grandma Dies” juga memiliki keunikan lain di unsur kebudayaannya. Terdapat dialog yang menggunakan kalimat Tionghoa, diantaranya dapat terlihat dalam trailer saat sang nenek berbincang dengan M menggunakan bahasa Tionghoa. Ternyata dalam film ini, sang nenek memiliki darah keturunan Tionghoa loh, Smart Viewers.

Nah, Smart Viewers, itulah berbagai fakta-fakta menarik dari film Thailand “How To Make Millions Before Grandma Dies” yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Yuk, ajak orang-orang tersayang untuk nonton bareng!

Kamu juga bisa melihat berbagai rekomendasi dan review menarik film-film lokal maupun mancanegara di Movie Freak yang tayang setiap hari Selasa, pukul 19.00 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Anis Sahara