Bangkitkan Jiwa Entrepreneur BINUSIAN, BINUS Entre Festival kembali digelar

BINUS Entre Festival atau yang biasa disebut BiFest, kembali digelar pada 13 hingga 15 Mei 2024. Acara ini dibuka oleh Dr. Nelly, S.Kom., M.M. dan para Vice Rector Ibu Dr. Reina, S.Kom., M.M., Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D., Prof. Dr. Engkos Achmad Kuncoro, S.E., M.M. pada 13 Mei 2024 lalu di kampus BINUS Anggrek.

BiFest  merupakan program rutin BINUS University yang diadakan dua kali dalam satu tahun di setiap Semester. Acara ini digelar guna memberikan kesempatan kepada Mahasiswa dan Mahasiswi  dalam mengembangkan soft-skills dan hard-skills di bidang Entrepreneurship. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi BINUSIAN dalam mengekspresikan dedikasi dan kreatifitas mereka di bidang wirausaha.

Mahasiswa yang terlibat di kegiatan BiFest adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah ENTR6003 – Entrepreneurship I, ENTR6510 – Entrepreneurship: Prototyping dan ENTR6511 – Entrepreneurship: Market Validation.

Terdapat total 130 booth setiap harinya, yang mana diadakan di beberapa kampus BINUS, diantaranya Kampus BINUS Anggrek, Kampus BINUS Alam Sutera, dan Kampus BINUS Bekasi. Bebagai produk dan jasa yang ditampilan dalam BiFest kali ini merupakan hasil karya-karya mahasiswa dan mahasiswi BINUS, mulai dari makanan ringan, aplikasi, perabotan rumah, alat surat, hingga pengalaman unik seperti aromatheraphy.

Bapak Agung Hari Sasongko, S.T., M.M. selaku BINUS Entrepreneurship Center Manager BINUS dalam wawancaranya bersama BINUS TV mengungkapkan “Kita mengundang Alumni BINUS yang memiliki usaha untuk share mengenai bisnis dan cara berbisnis untuk Mahasiswa, sehingga Mahasiswa dapat terinspirasi menjadi Entrepreneur.”

Tidak hanya diberi kesempatan untuk menjajakan karya-karya model bisnis dari BINUSIAN, Mahasiswa dan Mahasiswi juga mendapatkan pengetahuan dalam bidang Entrepreneurship melalui sesi seminar  bertajuk “Innovate to Elevate Entrepreneurship in the Digital Age” yang dibawakan oleh pak Yossa Setiadi selaku founder of Bawang Soy sekaligus merupakan Alumni Binus University yang diadakan di Foodcourt BINUS @Kemanggisan.

Selain mendapatkan ilmu seputar bisnis, BINUSIAN juga diberi kesempatan untuk belajar menjadi individu yang lebih profesional dalam lingkungan pekerjaan dalam Talkshow yang bertajuk “Upgrade your Negotiation Skill.Talkshow ini diadakan di ruang 800 BINUS @Kemanggisan yang dibawakan oleh Fatimah Nada.

Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat menggali potensi bagi mahasiswa dan mahasiswi BINUS University untuk berkreasi dalam bidang Entrepreneurship. Selain itu, juga dapat melahirkan Entrepreneur-entrepreneur baru yang kreatif dalam melahirkan bisnis-bisnis yang sukses dan membanggakan bagi Indonesia.

Anis Sahara