Tak Hanya Sekedar Pameran Waralaba, FLEI 2024 Mendorong Pertumbuhan Industri Waralaba dan Lisensi

Pada tanggal 10 Mei 2024, Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) edisi yang ke-22 resmi dibuka. Acara ini diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, yang selanjutnya akan berlangsung dari 10 hingga 12 Mei 2024. FLEI 2024 kali ini mengusung tema “Connecting Business” yang bertujuan untuk memperkuat jaringan bisnis dan menciptakan peluang baru di tengah dinamika pasar yang terus berubah. Selain itu, FLEI tidak hanya fokus pada perkenalan industri waralaba, tetapi juga pada lisensi, khususnya lisensi penggunaan IP Karakter yang menjadi strategi baru untuk meningkatkan penjualan.

Acara pembukaan FLEI 2024 dihadiri oleh figur-figur penting dari berbagai sektor, yang mana hal ini menandai pentingnya industri franchise dan lisensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Indonesia. Figur-figur yang hadir diantaranya adalah Royanto Handayana selaku Presiden Direktur Panorama Media, Juan Permata Adoe selaku Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN, Levita Ginting Supit selaku Ketua Umum WALI, Tenten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM Indonesia, Angela Herliani Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Kemenparekaf, serta Drs. Isy Karim selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri.

Pembukaan FLEI 2024 disambut positif oleh seluruh exhibitor, pengunjung, dan generasi muda yang turut serta dalam kompetisi Ecopreneur Challenge. Hal ini tentunya diharapkan dapat memberikan harapan kepada Panorama Media, bahwa  FLEI bukan hanya menjadi ajang dalam pameran waralaba, melainkan juga sebagai katalisator untuk pertumbuhan bisnis baru di Indonesia.

Sebagai Presiden Direktur Panorama Media, Royanto Handaya mengungkapkan perasaan bangganya karena telah menyelenggarakan FLEI yang menjadi wadah bagi pelaku bisnis dalam membuka peluang bisnis, menjalin kerjasama, dan memperluas jaringan. Levita Ginting Supit selaku Ketua Umum WALI  juga menambahkan bahwa regulasi yang efektif adalah fondasi yang memungkinkan industri waralaba berkembang dengan lancar. hal ini sejalan dengan komitmen WALI untuk menciptakan lingkungan regulasi yang kondusif terus mendorong pertumbuhan sektor ini, yang membuktikan bahwa tata kelola yang baik adalah kunci utama.

Di dukung dengan nada yang serupa, Juan Permata Adoe selaku Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN menekankan mengenai optimisme terhadap iklim ekonomi yang mendukung usaha, bahwa kunci untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan standar operasional, sehingga menciptakan industri waralaba Indonesia ke arah yang lebih profesional dan terstandarisasi.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Muhammad Neil El Himam, mengungkapkan bahwa pentingnya sinergi antara pemerintah dan pemangku kepentingan industri untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif. Kemudian ditutup dengan Drs. Isy Karim, MSi selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri yang mengungkapkan bahwa pertumbuhan yang pesat serta popularitas yang meningkat di Industri Waralaba di Indonesia.

Pameran FLEI 2024 yang menghadirkan ratusan merek ternama dari berbagai segmen industri adalah destinasi utama bagi para profesional yang ingin memperluas jaringan bisnis, memahami tren terkini, serta mengeksplorasi skema kemitraan yang beragam. Lebih dari itu, FLEI juga dijadikan sebagai ajang pembelajaran melalui konferensi bisnis yang menarik, dengan dialog dan interaksi lewat para ahli terkemuka di bidang manajemen, keuangan, sumber daya alam, pemasaran, dam operasional. Konferensi ini akan mengungkap cara strategis memanfaatkan peluang pasar yang ada, tetapi juga menawarkan strategi adaptasi terhadap perubahan ekonomi global.

Pameran FLEI tidak hanya diperkuat oleh KADIN, WALI, Franchise Academy Indonesia, serta Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi dan UKM, tapi juga diperkuat oleh kemitraan dengan komunitas dan asosiasi bisnis seperti TES, Finansialku, TDA, Cervo, Ilmu Keuangan, HIPPINDO, dan APRINDO, yang semuanya berkontribusi pada kemeriahan acara. Kerjasama ini diperluas lagi dengan keterlibatan mitra terpercaya seperti Top Coach Indonesia, Gowork, Crystalin, Jumpstart, Undangin, Biznet, The 1O1 hotel & resorts, INFIA, Demi Bumi, SYCA, Alive Love Arts, Somulus, My Fashion Grosir, Faivers, Fazz.

Smart Viewers dapat menghadiri pameran FLEI 2024 di Hall D2, pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Tiket tersedia di www.franchise-expo.co.id/ticket dengan harga Rp 60.000. Info selanjutnya seputar FLEI 2024 dapat lihat melalui Instagram @fleiexpoid dan @fleibisnis.

Anis Sahara