BINUS Berhasil Mendapuk Penghargaan dalam Nusantara Award 2024

Pada tanggal 9 Mei 2024 lalu, Media Nawacita Indonesia (MNI) menyelenggarakan Nusantara Award 2024. Bertempat di Ballroom Hotel Raffles Jakarta, acara ini dihadiri sebanyak 350 undangan terpilih yang terdiri dari tokoh budaya, seniman, institusi, dan pemangku kepentingan lainnya.

Bina Nusantara (BINUS) sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang senantiasa berkomitmen untuk turut menanamkan kecintaan budaya Nusanta kepada Mahasiswa dan Mahasiswinya, BINUS berhasil mendapuk penghargaan dalam Nusantara Award 2024 dalam kategori Bidang “Pendidikan dan Promosi Budaya.”

Sebagai upaya untuk mewujudkan komitmennya, BINUS memasukkan Budaya Nusantara pada kurikulum mata kuliah budaya Nusantara. Selain itu, BINUS juga aktif dalam menyelenggarakan kegiatan bernuansa budaya, seperti seminar dan pameran serta keberadaan Pusat Kajian Budaya Nusantara untuk penelitian dan pengembangan budaya.

Penghargaan ini diserahkan oleh Prof. Yasonna H. Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D, Menteri Hukum dan HAM RI sekaligus Ketua Dewan dan Pembina Media Nawacita Indonesia dan diterima oleh Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA selaku Rektor BINUS University dan Bapak George Wijaya Hadipoespito selaku Vice President of BINUS Higher Education.

Dalam wawancara bersama BINUS TV, Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA selaku Rektor BINUS University menyampaikan “ini adalah penghargaan untuk seluruh BINUSIAN karena seluruh BINUSIAN menghargai budaya Nusantara. Salah satunya penghargaan ini diberikan karena seluruh BINUSIAN mengenakan pakaian Nusantara pada saat mata kuliah Character Building. Selain itu, ada banyak karya BINUSIAN yang lain yang juga menghargai dan mempromosikan budaya Nusantara Indonesia.”

Nusantara Award 2024 sendiri merupakan acara yang dipersembahkan oleh MNI untuk memberikan apresiasi kepada lembaga dan individu yang memberikan upaya-upaya nyata dalam melestarikan budaya Nusantara. Otoli Zebua selaku Direktur Utama MNI, menegaskan bahwa penghargaan ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama di antara pihak-pihak yang memiliki visi serupa terkait pelestarian budaya. Otoli Zebua juga berharap para penerima anugerah Nusantara Awards 2024 dapat terus menginspirasi dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara.

Selain itu, Fizly Ciputri selaku Ketua Pelaksana Nusantara Award 2024 juga menyampaikan rasa syukurnya karena acara Nusantara Award 2024 dapat berjalan sukses. Ia berharap kedepannya pemenang Nusantara Award dari kalangan anak-anak muda yang memiliki semangat untuk melestarikan budaya Nusantara.

Sebanyak 19 penerima Nusantara Awards 2024 telah dipilih oleh Dewan Juri, yang terdiri dari dari 9 lembaga, 9 individu, dan 1 favorit, yang dipilih karena karya nyata mereka dalam penguatan dan pelestarian budaya. Selain mempersembahkan berbagai penghargaan, perhelatan ini juga turut dimeriahkan dengan penampilan spesial dari BeeLintang yang mempersembahkan lantunan lagu Nusantara secara Medley. Lantunan musik dan lagu yang indah dari BeeLintang sukses membuat penonton terhibur. BeeLintang sendiri merupakan kelompok musik kolintang yang beranggotakan BINUSIAN, yang terdiri dari Karyawan, Dosen, Mahasiswa, dan Alumni.

Penghargaan “Pendidikan dan Promosi Budaya” yang diterima oleh BINUS, diharapkan dapat terus meningkatkan komitmen BINUS dalam berinovasi guna membina dan memberdayakan budaya Nusantara yang lebih baik. Selain menghasikan lulusan terbaik yang berkompeten, BINUS aktif bekerja sama dengan lembaga budaya, mendokumentasikan kekayaan budaya Nusantara, dan turut membantu komunitas budaya, sehingga diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang berbudaya dan peduli terhadap kelestarian budaya Nusantara.

Anis Sahara