“Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” Resmi di Tutup

Pada tanggal 28 April 2024, “Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” selesai digelar. Festival yang telah dilaksanakan sejak 24 hingga 28 April 2024 ini telah usai dilaksanakan di Jakarta dan Bandung. Para pecinta film, terutama film Italia, sangat antusias menyambut festival yang menayangkan 5 film Italia terbaik. Semua deretan film tersebut merupakan hasil kurasi dari film-film yang sebelumnya ditayagkan pada “Venice Film Festival 2023″.

Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” menutup seluruh rangkaian acaranya dengan penayangan film “Bellissima” karya sutradara Luchino Visconti. Film ini dipersembahkan untuk Anna Magnani yang merupakan pemenang dari nominasi Aktris Terbaik di “Italian National Syndicate of Film Journalists” pada tahun 1952. Untuk pertama kalinya, penonton Indonesia dapat menonton “Bellissima” dengan hasil restorasi 4K di layar lebar, yang mana hal ini merupakan dukungan dari CSC-Cineteca Nazionale. “Bellissima” sendiri berkisah tentang seorang ibu yang mengusahakan sang anak menjadi bintang film cilik.

Pada seremoni penutupan “Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” yang diselenggarakan di CGV Grand Indonesia, Maria Battaglia selaku Festival Director dan Direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta menyebutkan bahwa sebuah kebanggan karena untuk pertama kalinya festival ini dapat menayangkan film klasik “Bellissima” yang sebelumnya tayang di “Venice Film Festival 2023″. Hal ini menunjukkan kualitas dan komitmen bahwa kolaborasi yang dilakukan bersama Venice International Film Festival diharapkan dapat terwujud kembali di ITAFF 2025.

Anna Magnani yang merupakan pemenang dari Piala Citra Aktris Pendukung Terbaik di Festival Film Indonesia mengungkapkan perasaan senangnya karena dapat menghadiri seremoni penutupan “Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta“. Acara ini juga menambah kecintaannya terhadap budaya dan bahasa Italia, terlebih  20 tahun lalu ia belajar bahasa Italia di Istituto Italiano di Cultura Jakarta.

Kamu juga dapat mengetahui kabar seputar Italia Film Festival untuk edisi selanjutnya di iicjakarta.estri.it atau seluruh akun media sosial resmi dari Institut Italia di Instagram, Twitter, Facebook. dam YouTube @iicjakarta.

Anis Sahara