Malam Seremoni “Italian Film Festival  2024: Venice in Jakarta” disambut Antusias oleh Pecinta Film

Pembukaan “Italian Film Festival  2024: Venice in Jakarta” telah diselenggarakan di hari pertamanya pada 24 April 2024 di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Festival yang diselenggarakan mulai 24 hingga 28 April ini, akan berlangsung di CGV Grand Indonesia & Istituto Italiano di Cultura dan di Bandung pada Pusat Kebudayaan Prancis / IFI Bandung.

Seremoni pembukaan  “Italian Film Festival  2024: Venice in Jakarta” banyak dihadiri oleh penggiat film serta aktor dan aktris terbaik Indonesia, salah satunya Asmara Abigail yang menjadi pemeran utama dalam film “Stone Turtle“, serta menjadi nominasi Best Actress di “Locarno Film Festival 2022″. Pada kesempatan tersebut, Asmara Abigail mengungkapkan bahwa, film Indonesia yang telah terpilih di “Venice International Film Festival” telah berkembang sangat pesat dan menunjukkan progresnya di pasar internasional. Selain itu, kolaborasi antara “Italian Film Festival” dan “Venice International Film Festival” dapat membuka kesempatan untuk industri film Indonesia dalam ko-produksi dan distribusi film bersama.

Maria Battaglia selaku Festival Direktur “Italian Film Festival” dan direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta mengungkapkan bahwa melalui “Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” yang merupakan bentuk perayaan hubungan kebudayaan Italia dan Indonesia, menjadikan masyarakat Indonesia berkesempatan untuk menjelajahi kebudayaan dan keseharian masyarakat Italia melalui kacamata sinematik. Maria Battaglia juga berharap jika festival ini akan menjadi ajang pertukaran budaya melalui seni.

Film “Comandante” menjadi film pembuka dalam rangkaian acara “Italian Film Festival  2024: Venice in Jakarta“. Disutradarai oleh Edoardo de Angelis dan diperankan oleh aktor fenomenal di Italia, Pierfrancesco Favino, film ini menyajikan kisah seru pergulatan batin kapten kapal perang dalam menentukan pilihan: hidup atau mati. Film ini telah tayang di “Venice International Film Festival 2023″ dan berhasil mendapuk kemenangan atas kategori Desain Set Terbaik serta film mendapatkan nominasi tertinggi di “Venice International Film Festival” yaitu Golden Lion untuk kategori Film Terbaik.

Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta” juga hadir di Bandung mulai tanggal 26 April 2024 di Pusat Kebudayaan Prancis (IFI) Bandung. Berikut adalah jadwal pemutarannya:

1.  Rabu, 24 April 2024
Comandante (19.00 WIB, CGV Grand Indonesia)

2. Kamis, 25 April 2024
Comandante (19.30 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)

3. Jumat, 26 April 2024
L’Ordine del Tempo / The Order of Time (17.00 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
Adagio (19.30 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
Comandante (19.00 WIB, IFI Bandung)

4. Sabtu, 27 April 2024
Enea (14.30 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
L’Ordine del Tempo / The Order of Time (16.00 WIB, IFI Bandung)
Comandante (17.00 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
Adagio (19.00 WIB, IFI Bandung)
L’Ordine del Tempo / The Order of Time (19.30 WIB, Istituto Italiano di Cultura
Jakarta)

5. Minggu, 28 April 2024
Adagio (12.00 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
Enea (14.30 WIB, Istituto Italiano di Cultura Jakarta)
Enea (16.30 WIB, IFI Bandung)
Bellissima / Beautiful (17.00 WIB, CGV Grand Indonesia)
Bellissima / Beautiful (19.00 WIB, IFI Bandung

Smart Viewers, jika kamu tertarik ingin menonton penayangan film-film di “Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta“, kamu dapat memesannya secara langsung di lokasi festival satu jam sebelum film diputar. Pastikan untuk mengecek kapasitas kursi di lokasi pemutaran sebelum menyaksikan film dan datang tepat waktu.

Katalog dan jadwal film “Italian Film Festival 2024: Venice In Jakarta” dapat diperoleh di iicjakarta.esteri.it serta di akun resmi Institut Kebudayaan Italia di Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube @iicjakarta.

Anis Sahara