Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice in Jakarta Perdana di Indonesia

Pada tanggal 24 – 28 April 2024, “Venice International Film Festival” hadir di Jakarta dalam “Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice in Jakarta” yang digelar di Istituto Italiano di Cultura (Pusat Kebudayaan Italia Jakarta) dan Institut Francais (IFI) Bandung. Dalam acara ini, pecinta film di Jakarta dan Bandung dapat menyaksikan  secara gratis pemutaran lima film terbaik, yang sebelumnya telah ditayangkan di “Venice International Film Festival” edisi ke-80 pada 2023 lalu.

“Venice International Film Festival 2023” memutar berbagai film Internasional bergengsi karya Sutradara Italia, diantaranya Luca Guadagnino, Luchino Visconti, Federico Fellini, hingga Paolo Sorrentino. Tak ketinggalan Filmmaker Indonesia, seperti Sidi Saleh (Maryam, 2014), Garin Nugroho (Kucumbu Tubuh Indahku, 2018), Aditya Ahmad (Kado, 2018), Makbul Mubarak (Autobiography, 2022) yang terpilih dalam kompetisi utama di Venice International Film Festival. Dalam festival ini, film “Maryam” didapuk menjadi film Indonesia pertama yang memenangkan Film Pendek Terbaik dalam kategori “Venice Short Horizon Awards” pada 2014,  diikuti film “Kado” yang memenangkan kategori serupa pada tahun 2018, dan film “Autobiography” yang berhasil memenangkan Fipresci Prize untuk film terbaik kategori Orrizonti.

Dalam jumpa pers yang diadakan pada 16 April 2024 di Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Benedetto Latteri selaku Duta Besar Italia untuk Indonesia mengungkapkan perasaan bangganya atas antusiasme masyarakat Indonesia terhadap ITAFF selama dua tahun terakhir. Ia juga berharap, kemitraan yang terjalin bersama “Venice International Film Festival” ini akan semakin memeriahkan ITAFF 2024.

Maria Battaglia selaku Festival Direktur Italian Film Festival dan Direktor Istituto Italiano di Cultura Jakarta menuturkan bahwa “Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice in Jakarta” yang merupakan kerjasama dengan “Venice International Film Festival” adalah sebuah kehormatan, dimana “Venice International Film Festival” merupakan festival film tertua di dunia sejak 1932. Ia juga berharap acara ini dapat menambah antusiasme para pecinta film di Indonesia untuk dapat berkarya bersama filmaker dari Italia.

“Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice in Jakarta” akan dibuka dengan film “Comandante” yang berhasil mendapuk kemenangan atas Desain Set Terbaik di “Venice International Film Festival 2023” dan meraih nominasi Golden Lion kategori Film Terbaik. Film yang digarap oleh Edoardo de Angelis ini terinspirasi dari kisah nyata yang menceritakan tentang kebimbangan seorang kapten kapal perang dalam melawan musuh atau menyelamatkan anggota timnya.

Kemudian, festival akan ditutup dengan film klasik Italia bertajuk “Bellissima” (Beautiful) yang menampilkan Anna Magnani, seorang Aktris Italia pemenang Aktris Terbaik dalam  “Italian National Syndicate of Film Journalist” di tahun 1952. Film karya Luchino Visconti ini mengisahkan seorang ibu yang mencoba berbagai cara agar anaknya terpilih menjadi aktris cilik.

Berikut daftar lengkap film-film yang akan diputar di Italiano di Cultura Jakarta, CGV Grand Indonesia dan Institut Francais Bandung, diantaranya:

1. Comandante (2023) berdurasi 120 menit (21+)
2. Adagio (2023) berdurasi 127 menit (21+)
3. Enea (2023) berdurasi 117 menit (21+)
4. L’Ordine Del Tempo (The Order of Time) berdurasi 113 menit (17+)
5. Bellissima (Beautiful) (1951) berdurasi 114 menit (13+)

Tiket untuk menonton deretan film di Italian Film Festival 2024: Venice in jakarta dan kapasitas kursi dapat diperoleh di lokasi festival satu jam sebelum film diputar. Katalog dan jadwal pemutaran film dapat diperoleh di iicjakarta.esteri.it, serta di akun Institut Kebudayaan Italia di Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube @iicjakarta.

Anis Sahara