Unicharm Goes to BINUS yang bertema “Love Your Possibilities: Unleashing Self Potential” Mengungkap Kesetaraan Gender dalam Peluang Karir di Dunia Kerja

Bertepat pada Hari Wanita Internasional (International Women’s Day), pada tanggal 8 Maret 2024 lalu, PT. Uni-Charm Indonesia Tbk menyelenggarakan UNICHARM GOES TO BINUS yang merupakan Talkshow dengan tema “Love Your Possibilities: Unleashing Self Potential.” Sebagai perusahaan yang tidak mendiskriminasi gender dalam peluang karir, Unicharm ingin menyampaikan serta menginspirasi para wanita tentang bagaimana meruntuhkan hambatan dan mendorong perempuan untuk dapat berkembang di tempat kerja dengan lingkungan yang inklusif tanpa adanya diskriminasi gender.

Talkshow ini bertempat di Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek, dengan mengundang para pembicara wanita yang menginspiratif, diantaranya Hapsari Bayuwardhani (Corporate Planning Manager of PT. Uni-Charm Indonesia Tbk sekaligus Sekretaris Presiden Direktur), Devi Fauziah (Marketing Manager of PT. Uni-Charm Indonesia Tbk sekaligus Penggerak Women Empowerment, dan Meisya Sallwa (Penulis Buku & Influencer). Pada acara yang dihadiri oleh 100 partisipan ini, para pembicara menyampaikan pengalamannya yang diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi seluruh peserta untuk berani menggali potensi diri dan menjadi contoh wanita sukses di masa depan.

Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI (Vice Rector – Student Affairs BINUS University) menyampaikan kata sambutan di acara Unicharm Goes To Campus, Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek, Jum’at (08/03/2024). (BINUS TV/Anis Sahara)

Bapak Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. yang merupakan Vice Rector – Student Affairs BINUS University menyampaikan sambutannya sebelum acara dimulai, ia mengungkapkan “Sebanyak 65 persen demografis Ketua Organisasi di BINUS University adalah wanita. Hal ini diharapkan juga menjadi inspirasi agar para wanita dapat melihat potensi diri kedepannya atau dapat berkesempatan untuk berkarir di Unicharm.” Dalam sambutan lainnya, Ibu Sri Haryani selaku Vice Sales Director of PT. Uni-Charm Indonesia Tbk juga menyampaikan “Setiap orang termasuk perempuan memiliki kesempatan yang tidak terbatas. Melalui International Women’s Day, kita menghargai potensi sebagai perwujudan nyata dan kuat yang bisa ditularkan oleh perusahaan sehingga bisa menjadi inspirasi.”

Devi Fauziah (Marketing Manager of PT. Unicharm Indonesia) sedang menjabarkan pengalamannya selama bekerja di Unicharm pada acara Unicharm Goes To Campus, Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek, Jum’at (08/03/2024). (BINUS TV/Anis Sahara)

“Pengalaman selama bekerja di Unicharm, dimana perusahaan selalu memberdayakam wanita. Di Unicharm terdapat kegiatan kepemimpinan, dengan cukup banyak wanita yang memiliki potensi yang sama kuatnya dengan pria.” Ungkap Devi Fauziah selaku Marketing Manager of PT. Uni-Charm Indonesia Tbk yang membagikan pengalamannya bekerja di Unicharm selama 10 tahun. Devi juga mengungkapkan bahwa awalnya ia sempat ragu dengan jabatan yang didudukinya saat ini karena tidak sesuai dengan pendidikan yang diambil, hingga akhirnya ia mendobrak diri untuk mencari potensi dalam dirinya dan terus belajar dari kegagalan.

Meisya Sallwa (Penulis Buku & Public Speaker) membagikan tips percaya diri pada acara Unicharm Goes To Campus, Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek, Jum’at (08/03/2024). (BINUS TV/Anis Sahara)

Dalam Talkshow ini, Meisya Sallwa juga membagikan tips meningkatkan rasa percaya diri lewat filosofi ‘Wabi-Sabi‘, yang merupakan sebuah filosofi tentang keindahan dalam kekurangan dan ketidaksempurnaan. “Kebanyakan, seseorang insecure dengan background yang menghambat. Siapapun kamu di masa lalu, tidak menjadi penghambat. Kamu harus percaya bahwa rasa insecure itu akan menjadi sesuatu yang besar di masa mendatang.” Ujar Meisya. Meisya juga membagikan tips bagaimana memutus rasa insecure melalui 2 cara, yang pertama adalah dengan Impress Our Self atau membuat diri kita terkesan, dan yang kedua adalah dengan memutus stigma masyarakat.

Hapsari Bayuwardhani (Corporate Planning Manager of PT. Unicharm Indonesia) menyampaikan perwujudan Unicharm dalam mendukung wanita Indonesia pada acara Unicharm Goes To Campus, Exhibition Hall, Kampus BINUS Anggrek, Jum’at (08/03/2024). (BINUS TV/Anis Sahara)

Hapsari Bayuwardhani selaku Corporate Planning Manager of PT. Uni-Charm Indonesia Tbk juga menambahkan “Opini tentang orang lain tidak bisa kita kendalikan. Kita buktikan dengan pencapaian karir kita. Kecuali jika sterotype tersebut menganggu pekerjaan, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan.” Hapsari juga menjelaskan bahwa, salah satu perwujudan Unicharm dalam mendukung wanita Indonesia adalah dengan bekerjasama bersama Ikatan Kanker Indonesia melalui program ‘Ayo Sadari (Ayo Periksa Payudara Sendiri)’ dengan menuliskan bagaimana cara pemeriksaan payudara secara mandiri pada produk-produk Unicharm. Selain itu, Unicharm juga memberikan donasi kewilayah-wilayah Indonesia untuk wanita-wanita Indonesia dapat berkontribusi dalam program ‘Ayo Sadari.’

Setelah sesi Talkshow, para peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan. “Overthinking sebetulnya mencegah hal-hal yang buruk terjadi. Dengan melatih mindset jika kita mampu, serta menjelaskan bahwa kita punya knowledge dengan tetap rendah hati untuk terus belajar, hingga orang lain juga percaya dengan kemampuan kita.” Ujar Meisya dalam menjawab pertanyaan salah satu peserta tentang bagaimana cara mengatasi overthinking.

Selain Talkshow, para peserta juga diberikan kesempatan untuk menuliskan impian mereka di masa mendatang di “Dreams of Board Activity Engagement.” Selain itu, peserta juga dapat menaruh CV mereka pada Area Booth CV Drop, serta terdapat sesi pembagian doorprize, dan ditutup dengan foto bersama.

Kedepannya, diharapkan Unicharm dapat menjadi tempat bagi para wanita untuk dapat bekerja dan mengembangkan karirnya, tanpa perlu takut terintimidasi dengan gender. Selain itu, Unicharm berharap dapat terus bertekad secara aktif mendukung para wanita Indonesia dalam menggali dan
aktualisasikan potensinya untuk mempercepat pertumbuhan demi peningkatan peranannya dalam Pembangunan Berkelanjutan.

Anis Sahara