Fakta Unik Cromboloni, si Pastry Viral!

Saat ini, sesuatu yang sedang tren di media sosial akan cepat naik dan menyebar di kalangan masyarakat luas. Biasanya, yang paling banyak menarik perhatian adalah tempat-tempat makanan yang unik dan aesthetic ataupun berbagai jenis makanan yang lezat. Salah satu makanan yang sedang viral akhir-akhir ini adalah Cromboloni. Hidangan manis ini ternyata berhasil membuat orang-orang penasaran untuk mencicipinya.

Semenjak muncul di berbagai platform media sosial, Cromboloni menjadi salah satu menu yang selalu hadir di toko roti, toko pastry, ataupun café-café. Sebagai hidangan yang sedang  ‘naik daun’, sebenarnya darimana asal-usul Cromboloni? Dan apa sebenarnya fakta-fakta menarik dari Cromboloni? Simak informasinya di bawah ini, ya!

  1. Asal Muasal Cromboloni

Walaupun nama Cromboloni baru viral di Indonesia belakangan ini, namun di lansir dari dpo International, Cromboloni diciptakan sejak tahun 2022. Seorang Chef bernama Scott Cioe adalah orang yang pertama membuat Cromboloni di Lafayette Grand Café & Bakery,  toko pastry di New York, Amerika Serikat.

Pada mulanya, Chef Scott menamai Cromboloni adalah The Supreme, yang mana ingin menciptakan menu kroisan dengan tampilan yang lebih menarik untuk menarik minat para pelanggannya. Butuh waktu 3 hari bagi Chef Scott membuat The Supreme, mulai dari pembuatan adonan, laminasi, hingga proses pemanggangan. Saat pertama kali dijual, Cromboloni sukses diburu oleh pelanggan-pelanggan dan rasanyapun sangat disukai.

  1. Hidangan Fusion

Dilansir dari CNN Indonesia, Cromboloni merupakan hidangan fusion yang mana gabungan dari kroisan dan bomboloni. Jika diperhatikan, Cromboloni memiliki bentuk yang unik, yaitu bulat seperti Bomboloni, namun teksturnya seperti kroisan, yaitu flacky dan buttery.

Karena merupakan hidangan fusion, banyak yang bingung megidentifikasi Cromboloni apakah merupakan Pastry atau Bakery. Namun, tidak ada yang salah atau benar dalam identifikasi tersebut, karena Cromboloni termasuk ke dalam Pastry dan Bakery.

  1. Varian Rasa Berbeda

Layaknya Bomboloni, Cromboloni juga memiliki isian dengan berbagai varian rasa seperti Bomboloni pada umumnya. Awalnya, Cromboloni hanya memiliki 3 varian rasa, yaitu coklat, stroberi, dan pistachio. Namun, kini Cromboloni memiliki varian rasa baru lainnya, seperti matcha, taro, red velvet, biscoff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Viral di TikTok

Cromboloni sendiri telah viral di Indonesia sejak akhir tahun 2023 hingga sekarang masih banyak digemari oleh masyarakat. Awal mula Cromboloni dikenal namanya adalah saat salah satu akun pengguna TikTok dengan nama mariavehera257 mengunggah video roll croisant ini. Ia juga menjelaskan cita rasa yang unik dari makanan tersebut.

Pada akhirnya, video itu menarik perhatian masyarakat luas dan membuat pengguna TikTok lainnya semakin penasaran dengan rasa Cromboloni. Kemudian, semakin banyak toko pastry dan roti yang menjual Cromboloni dengan berbagai varian rasa.

Bagaimana Smart Viewers? Apakah kalian sudah mencoba pastry viral ini? Atau tertarik ingin mencoba untuk membuat Cromboloni di rumah? Kamu bisa mencoba untuk membuat Cromboloni di rumah dengan menonton program BINUS TV bertajuk Weekend Dish di episode “Resep Cromboloni Nutella” pada link video di bawah ini, ya!

Jika kamu tertarik dengan resep masakan menarik lainnya, kamu bisa menyaksikan program BINUS TV yang bertajuk “Weekend Dish”, tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Anis Sahara