Mengudara Selama 14 Tahun, Jurnal 19 Mempersembahkan Spesial Episode 14th bertajuk “AI di Masa Depan: Tantangan atau Peluang?”

Pada tanggal 22 Januari 2024, Jurnal 19 yang merupakan program berita utama di BINUS TV telah genap menginjak usianya yang ke-14. Selama mengudara sejak tahun 2010 silam, Jurnal 19 tidak henti menyajikan informasi terkini dan teraktual. Sejalan dengan fungsinya sebagai media utama di Bina Nusantara, semua berita yang dipersiapkan secara matang oleh seluruh tim dari berbagai sumber terpercaya dan kredibel. Selain itu, seluruh konten berita dikemas secara lugas dan menarik, sehingga mampu memberikan informasi yang berkualias dan bermanfaat bagi Smart Viewers yang selama ini tidak henti mendukung BINUS TV.

Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi dan dedikasi tertinggi untuk Smart Viewers, Jurnal 19 mempersembahkan Jurnal 19¬† episode spesial 14th Anniversary dengan tema yang bertajuk “AI di Masa Depan: Tantangan atau Peluang?” Sesuai dengan judulnya, episode spesial yang merupakan rangkaian perayaan ulang tahun Jurnal 19 yang ke-14 ini akan membahas tema utama mengenai peran AI (Artifical Intellengence) atau kecerdasan buatan di masa depan.

Kecerdasan Buatan atau Artifical Intelligence (AI) terus menerus berkembang di dunia, tak terkecuali di Indonesia. AI sendiri merupakan bidang dalam ilmu komputeryang berfokus pada sistem komputer yang mampu meniru tugas-tugas atau kecerdasan manusia, yang mana termasuk kemampuan dalam pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan manusia yang lainnya.

Di Indonesia, AI telah dipergunakan pemerintah Indonesia di berbagai bidang dan terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan publik agar semakin baik kedepannya. Bahkan pengembangan AI di Indonesia akan berpotensi besar dalam memajukan berbagai sektor, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, hukum, ketahanan pangan, reformasi birokrasi, bahkan media. Fenomena AI yang telah berkembang cukup pesat di Indonesia ini menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas, terlebih banyak yang belum mengetahui secara luas mengenai AI dan penerapannya di Indonesia.

Untuk itu, pada Jurnal 19 episode spesial 14th Anniversary akan membahas secara mendalam dan menyeluruh¬† mengenai penerapan dan pengembangan AI di Indonesia. Jurnal 19 episode spesial¬† 14th Anniversary dengan tema yang bertajuk “AI di Masa Depan: Tantangan atau Peluang?” akan dibagi menjadi beberapa segmen dan berisi berbagai konten-konten dengan sub tema yang menarik seputar AI yaitu penerapannya dalam bidang Hukum, Kesehatan, Pendidikan, dan Media. Selain itu, Jurnal 19 episode spesial 14th Anniversary akan mempersembahkan segmen yang bertajuk “Kata Binusian” yang akan membahas pendapat para BINUSIAN mengenai eksistensi AI, yang kemudian pendapar tersebut akan dikonfirmasi melalui wawancara dari pakar teknologi dan berdasarkan data-data yang ada. Tak ketinggalan juga terdapat segmen “Obrolan Jurnalis” yang menampilkan para Video Juournalist BINUS TV yang akan berbincang dan membahas mengenai fenomena AI yang ada saat ini.

Untuk lebih lengkapnya, Smart Viewers dapat menyaksikan Jurnal 19 episode spesial 14th Aniiversary yang bertajuk “AI di Masa Depan: Tantangan atau Peluang?” yang tayang secara langsung di YouTube Channel BINUS TV dan di www.binus.tv, pada tanggal 2 Januari 2024, pada pukul 15.00 WIB.

Smart Viewers juga dapat mendapatkan informasi lebih lengkapnya mengenai perkembangan berita dari luar dan dalam negeri serta beragam konten-konten menarik lainnya hanya di YouTube Channel BINUS TV dan seluruh media sosial BINUS TV.

Anis Sahara