Beragam Soto Populer di Indonesia dan Perbedaannya

Ragam kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Sebagai pecinta kuliner, pasti Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki surga makanan, karena di setiap daerahnya memiliki kuliner yang khas dari Sabang sampai Marauke. Jenis makanannyapun beragam, mulai dari bakar-bakaran, gorengan, atau makanan yang berkuah. Setiap jenis pengolahan makanan inipun tentunya lebih nikmat jika disantap berdasarkan cuaca yang sedang terjadi di Indonesia.

Di saat musim hujan, tentunya makanan berkuahlah yang menjadi makanan yang nikmat untuk disantap. Salah satu makanan berkuah di Indonesia yang memiliki penggemarnya tersendiri adalah Soto. Makanan berkuah ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah dan kaldunya. Tak hanya satu jenis, seperti yang kita ketahui bahwa Soto memiliki jenis-jenis yang berbeda di setiap daerahnya.

Saking memiliki jenis soto yang beragam, diketahui setidaknya terdapat 75 variasi soto yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 81,33 persennya adalah berada di pulau Jawa dan Madura. Semua soto tersebut memiliki variasi bahan, bumbu, dan cara memasak yang beragam. Dari sekian banyak jenis Soto, di bawah ini BINUS TV merangkum beberapa jenis soto yang populer di Indonesia, beserta perbedaan-perbedaannya.

Ragam Jenis Soto di Indonesia

1. Soto Bogor

Resep Soto Bogor Bening - Food Fimela.com
Sumber Foto: Fimela

Soto Bogor merupakan salah satu jenis soto yang paling populer dan sudah banyak dijual di seluruh daerah di Indonesia. Mulai di restoran-restoran besar ataupun dijual berkeliling dalam gerobak. Soto ini memiliki ciri khas kuah yang bening dengan cita rasa gurih, segar, dan pedas. Soto Bogor dipadukan dengan mie kuning, bihun, potongan daging, kikil, risoles, dan berbagai sayuran seperti kol, seledri, tomat, dan daun bawang. Sebagai pelengkapnya, Soto Bogor juga disajikan bersama emping yang renyah.

2. Soto Lamongan

Resep Soto Ayam Lamongan Kuah Kuning Topping Koya, Simple! - Indozone Food
Sumber Foto: Indozone Food

Soto Lamongan adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa Timur. Soto Lamongan merupakan salah satu jenis soto ayam yang juga memiliki kuah yang bening tanpa santan. Kuahnya memiliki cita rasa yang gurih dengan bumbu koya dan berwarna agak kekuningan. Koya sendiri dibuat dari kerupuk udang, ebi, dan bawang yang digoreng kemudian ditumbuk. Soto ini memiliki isian yang beraneka ragam, yaitu kol, soun, tauge, dan suwiran daging ayam. Tak lupa juga seledri, bawang goreng, dan daun bawang yang menambah cita rasa soto Lamungan semakin nikmat. Untuk menambah kesegaran, biasanya soto ini juga dilengkapi dnegan perasan jeruk nipis ke kuahnya untuk menambah kesegaran.

3. Soto Betawi

Resep Soto Betawi Daging Kuah Santan, Nikmat Disantap Selagi Hangat
Sumber Foto: KOMPAS.com

Soto lainnya yang tak kalah pamor adalah soto Betawi. Berbeda dengan kuah Soto Bogor atau soto Lamongan yang bening, Soto Betawi memiliki jenis kuah yang kental. Kuah kental dari soto Betawi berasal dari santan yang dipadukan dengan berbagai macam rempah, seperti pala, cengkeh, dan kapulaga. Selain santan, banyak juga yang mengganti kuah Soto Betawi dengan susu. Soto Betawi dilengkapi dengan daging atau jeroan, potongan tomat segar, daun bawang, emping, kerupuk, dan bawang goreng. Tak lupa juga dilengkapi dengan acar timun dan sambal rawit merah.

4. Soto Banjar

Soto Banjar, Hidangan Gurih dari Kota Seribu Sungai - Indonesia Kaya
Sumber Foto:

Beralih ke pulau Kalimatntan, tepatnya di kalimantan Selatan, Suku Banjar memiliki soto khasnya yaitu  soto Banjar. Soto Banjar memiliki aroma penuh rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Kuah soto Banjar yang keruh dijamin akan membuat penikmatnya ketagihan dan memiliki rasa yang unik karena dicampurkan kental manis atau telur. Tak lupa juga isiannya yang beragam, seperti daging ayam yang disuwir, perkedel, kentang rebus, wortel, dan ketupat. Biasanya, penjual soto Banjar juga menghidangkan sate ayam sebagai menu pendamping.

5. Soto Padang

Resep Soto Padang, Hidangkan dengan Kerupuk Merah
Sumber Foto: KOMPAS.com

Padang memang dikenal dengan kuliner-kuliner yang beragam dan terkenal hingga mendunia, salah satunya adalah Rendang. Namun, Padang juga tak mau ketinggalan dengan menu soto Padang yang tak kalah lezat dengan soto-soto Indonesia lainnya. Soto Padang sangat mudah ditemui di restoran-restoran Padang. Kuah soto Padang berasal dari kaldu sapi dengan ciri khas isiannya yaitu irisan daging sapi yang sebelumnya telah digoreng hingga kering. Tak lupa juga terdapat bihun, perkedel kentang, kerupuk merah, sambal merah, dan irisan jeruk nipis yang menambahkan kesegaran kuah soto Padang.

6. Soto Makassar

Coto Makassar, Hidangan Bangsawan Kerajaan Gowa - Indonesia Kaya
Sumber Foto: Indonesia Kaya

Soto selanjutnya yang tak kalah populer adalah soto Makassar atau yang lebih dikenal dengan Coto Makassar. Sesuai namanya, coto Makassar adalah hidangan tradisional dari suku Makassar, Sulawesi Selatan. Kuah coto Makassar memiliki rempah-rempah yang sangat kuat karena dibuat dengan 40 macam rempah, seperti bawang merah dan putih, bebijian dan bebungaan rempah, dedaunan rempah, rerimpangan, dan masih banyak yang lainnya. Untuk isiannya sendiri, coto Makassar berisikan daging sapi atau jeroan sapi, seperrti lidah, otak, limpa, paru, hati, babat, dan lainnya. semua bahan dan isian disajikan dengan mangkuk dan bisa dinikmati dengan ketupat, irisan daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis.

7. Soto Kudus

Resep Soto Kudus, Soto Bening Cocok untuk Sarapan
Sumber Foto: KOMPAS.com

Seperti namanya, soto Kudus berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto Kudus memiliki tampilan seperti soto Lamongan yang berisi suwiran ayam dan tauge. Yang membedakan soto Kudus dengan soto Lamongan adalah, soto Kudus memiliki kuah yang lebih bening dan terkadang suwiran ayamnya diganti dengan potongan daging kerbau. Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi dikarenakan sebagai bentuk penghormatan umat muslim di Kudus terhadap agama Hindu, yang mana sapi merupakan hewan yang dianggap suci. Selain itu, soto Kudus disajikan dengan mangkuk yang kecil.

Gimana Smart Viewers? Mendengar nama-nama soto saja sudah membuat perut keroncongan, kan? Nah, jika Smart Viewers menonton program “Weekend Dish” BINUS TV, dijamin Smart Viewers akan kelaparan. Semua menu-menu di program Weekend Dish juga merupakan menu-menu masakan rumahan yang sangat mudah untuk dibuat di rumah dan pastinya rasanya sangat lezat. kamu bisa menyaksikan “Weekend Dish” setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Anis Sahara